Bangunan masjid terapung di Indonesia dan dunia

Bangunan masjid terapung di Indonesia dan dunia memang sangat banyak, bukan hanya di lihat dari kemegahan  saja tetapi mempunyai keunikan tersendiri yang memikat para wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Berikut ulasannya :

1. Masjid terapung Makassar 

Bangunan masjid ini berada di pantai losari dan tidak jauh hanya 200 meter saja ke arah selatan kita bisa melihat masjid ini berdiri megah dan indah.
Sebenarnya masjid ini diberi nama masjid Amirul Mu’minin dan terletak di teluk makassar , masjid terapung ini terkenal karena desain dengan arsitektur modern dan dibangun di bibir pantai dengan pondasi yang tinggi saat air pasang masjid ini terlihat mengapung di laut .
Desain tampilan yang menawan , putih abu-abu serta warna biru untuk bagian kubahnya dengan diameter 9 meter . Bukan hanya eksteriornya , bagian interior pun tidak kalah indahnya dan mempesona. Walaupun bangunannya tidak terlalu luas hanya diameter 45 meter namun tetap megah dan bisa menampung 500 jemaah  dan suasananya tidak terpengaruh udara sekitar saat panas terik sekalipun sehingga sangat nyaman ketika kita ke sana.
Masjid ini juga dikenal dengan nama masjid 99 al-makasari karena masjid ini melambangkan asmaul husna . Uniknya jika di lihat dari ketinggian membentuk angka 99 , lima pilar putih diapit pintu atama masjid mempresentasikan 5 waktu sholat umat islam . Walaupun fungsi utamanya adalah untuk beribadah namun ada beberapa orang yang mengabadikan gambar saat wisata ke sana , dan masjid ini juga menjadi ikon baru kota Angin Mamiri.
Selain di Indonesia , masjid terapung lainnya juga berada di negara lain yaitu :

1. Masjid Fatimah , Jeddah Arab Saudi 

Masjid Fatimah dikenal dengan nama masjid Arrahman yang dibanguna dengan luas 20×30 meter saja dan para jemaah haji banyak yang melaksanakan sholat di sini.
Arsitektur bangunan ini berada di tepi laut merah dan masjid yang terkenal di Arab Saudi setelah Masjidil Haram . Pemandangan yang indah ini sangat pas saat air laut sedang pasang .

2. Masjid Selat Melaka , Malaysia 

Bangunan ini berada di tepi selat Malaka , Malaysia . Banyak sekali fotografer yang datang ke sini untuk menikmati dan memfoto indahnya laut yang membentang luas dengan bangunan masjid di atasnya.
Ide ini dicetus oleh Muhammad Ali dan terinspirasi dari bangunan Masjid terapung Fatimah di Jeddah. Menara setinggi 30 meter digunakan sebagai alat pengeras suara sehingga lantunan adzan terdengar dengan jelas oleh penduduk sekitar.

3. Masjid Ali Dargah , India

masjid ali dargah mumbai india

 
Desain bangunannya dengan warna putih , merupakan masjid terkenal di dunia dan merupakan tempat bersejarah disana.

Biar bagaimanapun , mau terapung atau tidak tetap ketaqwaan dan keimanan kita tidak berkuran.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan