Awas! Waspadai Tanda Tanda Tinggi Kolesterol

Penyakit stroke serta serangan jantung adalah penyakit yang berawal dari tingginya kolesterol dalam darah. Kelesterol adalah sifat-sifat dasar dari lemak yang terdapat pada seluruh binatang hidup. Pada saat kolesterol di dalam aliran darah berlebih maka akan menyebabkan pembuluh darah akan menyempit bahkan tertutup. Dan meningkatnya kolesterol jahat atau LDL dalam darah akan mengakibatkan stroke dan serangan jantung. Maka dari itu sedari dini sebaiknya naiknya kadar kolesterol dalam darah diatasi. Lantas bagaimanakah tanda tanda tinggi kolesterol tersebut? Simak dalam ulasan singkat mengenai tanda-tanda kolesterol tinggi berikut ini.

Beberapa tanda tanda tinggi kolesterol

Salah satu tanda tanda tinggi kolesterol adalah rasa berat pada tengkuk dan juga pegal pada pundak, hal tersebut terjadi lantaran suplai darah serta oksigen menjadi terhambat karena adanya penumpukanplak pada dinding pembuluh darah. Selain itu, tanda-tanda tingginya kadar kolesterol dalam darah adalah sering merasakan sakit kepala akibat adanya peningkatan kadar kolesterol yang mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah atau arteriosklerosis. Hal tersebut mengakibatkan aliran darah yang menuju ke otak menjadi terhambat.

Tanda tanda tinggi kolesterol yang lainnya adalah cepat mengantuk. Hal tersebut disebabkan karena kolesterol akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah serta terkadang menutup pembuluh darah sehingga aliran darah yang menghantarkan oksigen ke otak menjadi terhambat dan membuat seseorang merasa mengantuk. Untuk itu apabila anda mengalami yang namanya3L, yakni lemah letihlesu maka tak ada salahnya untuk melakukan pengecekkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Selain itu, tanda tanda tinggi kolesterol yang lainnya adalah mudah lelah. Seseorang yang tengah mengalami kolesterol tinggi maka sistem vital tubuhnya terganggu sehingga menjadikan orang tersebut mudah lelah. Jika anda sering terbangun dari tidur dan mengalami badan yang terasa sangat capek dan jika anda berusia lebih dari 30 tahun dan sering merasakan gejala tersebut maka sudah sepatutnya bagi anda untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan demi memastikan kadar kolesterol pada tubuh.

Tanda tanda tinggi kolesterol yang lainnya adalah nyeri pada kaki. Klaudikasio atau nyeri pada kaki merupakan gejala umum bagi penderita kolesterol tinggi. Timbulnya rasa yang sama sekali tak nyaman pada bagian kaki tersebut ditimbulkan akibat tersumbatnya arteri pembuluh darah. Rasa sakit yang biasa menyebar pada sekujur kaki misalnya pada betis, bokong serta paha. Rasa sakit tersebut akan hilang dengan sendirinya jika tak digunakan untuk bergerak akan tetapi muncul kembali pada saat kaki digunakan pada waktu yang cukup lama. Selain itu, pada saat tidur orang dengan kolesterol tinggi biasanya akan merasakan kram pada tumit, jari kaki serta kaki bagian bawah. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.