9 Tips Sukses Menjadi Wanita Karier Sekaligus Ibu Rumah Tangga

Pernah membaca seputar artikel karir? Karier dan rumah tangga menjadi poin penting dalam kehidupan wanita. Dua hal ini berada pada kutub yang berbeda sehingga seringkali bersinggungan dalam kepentingan. Permasalahan wanita karier biasanya dimulai ketika sudah menikah. Pada saat inilah seorang wanita dihadapkan pada dua pilihan yang berat, fokus berkarier atau memilih mengurus rumah tangga dan anak-anak.

 

Nah, bagaimana jika Anda ingin tetap berkarier namun juga sukses mengurus rumah tangga? Konsekuensinya adalah Anda harus menyiapkan fisik dan mental yang prima. Ketika sudah menikah, wanita karier akan memiliki tugas ganda yaitu mengurus rumah tangga. Lantas bagaimana tips agar Anda bisa membagi peran dan waktu dengan baik, sukses karier dan tetap fokus rumah tangga? Simak ulasan berikut ini :

  1. Manajemen Diri

Wanita yang memiliki peran ganda menjadi ibu rumah tangga dan wanita karier memang terasa berat. Anda harus bisa mengelola diri lebih baik dari sebelum Anda menikah. Diperlukan rasa saling percaya, terbuka dan saling memahami antara Anda dan suami.

Misal saja ketika Anda harus bekerja lebih lama sehingga telat pulang, maka tetap sempatkan waktu untuk menyapa anak-anak dan bercerita kepada suami. Bahkan jika perlu, bolehlah sesekali suami Anda menjemput saat Anda pulang kerja.

  1. Disiplin Waktu

Memiliki dua peran menuntut Anda harus pintar dalam membagi waktu. Jika Anda tidak bisa membagi waktu, maka salah satu peran atau pekerjaan pasti akan terbengkalai. Padahal dua peran itu sama-sama penting bagi wanita.

Lebih mudahnya, buatlah rencana dan bagilah pekerjaan antara Anda dengan suami. Misal saja membagi jadwal untuk menjemput anak di sekolah setiap hari.

  1. Bersikap Profesional

Setiap pekerjaan dibutuhkan sikap profesional. Terlebih bagi Anda yang bersikeras menjadi wanita karier namun ingin tetap sukses dalam berumah tangga. Anda harus mampu menempatkan diri.

Misal saja ketika Anda berada di rumah, posisikan diri Anda sebagai ibu rumah tangga. Siapkan masakan terbaik untuk keluarga dan selesaikan pekerjaan rumah dengan baik. Sedangkan saat Anda di kantor, fokuslah kepada pekerjaan Anda.

  1. Atur Pola Hidup

Saat Anda memiliki kesibukan yang padat, jangan sampai melupakan kesehatan. Anda harus memiliki waktu untuk memperhatikan badan Anda, makanan yang Anda konsumsi hingga waktu istirahat Anda.

Luangkanlah waktu untuk berolahraga dengan keluarga, karena cara ini mampu mengurangi tingkat stres Anda. Konsumsi pula makanan dan minuman yang bergizi dan istirahat yang cukup.

  1. Support dari Keluarga

Dukungan dari keluarga sangatlah penting untuk kelancaran pekerjaan Anda. Mintalah dukungan dari orang – orang terdekat seperti suami dan anak-anak Anda.

Memberikan pengertian terhadap anak dan suami juga penting. Mintalah mereka untuk memahami kesibukan Anda.

  1. Quality Time

Sesekali luangkanlah waktu untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Wajarnya dalam satu minggu Anda menghabiskan waktu lima hari untuk bekerja.

Gunakanlah akhir pekan Anda full-time untuk keluarga. Walaupun itu hanya sekedar menonton TV bersama, memasak bersama, atau bepergian untuk refresh pikiran.

  1. Usahakan More Fleksible

Jangan terlalu terpatok pada hal-hal yang baku sehingga akan membebani Anda ketika bekerja. Mengingat Anda dan suami sama-sama bekerja maka buatlah aturan dalam rumah tangga yang lebih fleksibel.

Untuk urusan memasak, biasanya memang istri yang melakukannya. Tapi ketika Anda tidak bisa maka bolehlah suami menggantikan Anda dalam sesekali waktu. Buatlah perjanjian dan aturan yang lebih fleksibel.

  1. Jaga Komunikasi

Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah poin yang sangat penting. Erat atau longgarnya hubungan Anda dengan keluarga ditentukan dengan tingkat harmonis dalam komunikasi.

Sesibuk apapun Anda, usahakan menjaga komunikasi yang baik dengan suami dan anak-anak. Hal ini akan menjaga rasa kekeluargaan tetap erat walaupun dihadapkan dengan jarak yang jauh.

  1. Siapkan Rencana untuk Hal diluar Dugaan

Rencana untuk hal-hal yang terjadi diluar dugaan memang diperlukan. Ketika ada hal yang terjadi diluar pikiran, mau tidak mau Anda harus menghadapinya. Misal ketika Anda sedang sibuk dengan tugas kantor yang menumpuk, disisi lain anak Anda mengalami sakit.

Hal ini akan membuat Anda semakin bingung dalam menentukan mana yang harus didahulukan. Jika memungkinkan Anda sebaiknya menceritakan pada atasan Anda, agar beliau memahaminya. Karena bagaimanapun anak maupun adalah bagian terpenting dalam hidup seorang ibu.

Nah, setelah membaca ulasan artikel seputar karir tersebut, apakah Anda merasa sanggup menjalani tips diatas? Jadilah wanita karier yang sukses namun tetap menjaga keutuhan dan keharmonisan rumah tangga Anda.