8 Tindakan yang Bisa Anda Lakukan untuk Menghemat Air

Tidak perlu diceramahi lagi, Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya menghemat air. Anda juga pasti mau kok melakukannya. Masalahnya adalah: bagaimana melakukannya? Blablaid punya nih catatan mengenai tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air.

Berikut 8 tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menghemat air.

Tindakan: Matikan keran selama menyikat gigi.

Mengapa Perlu: Menyikat gigi kelihatannya bisa dilakukan dengan singkat sehingga Anda merasa tidak perlu repot-repot menutup keran selama melakukannya. Faktanya, tanpa Anda sadari 4 galon air terbuang percuma ke saluran pembuangan dalam waktu yang sangat singkat itu.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 2.8880 galon air.

Baca juga : Hati-hati Rasa Gelisah Bisa Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Tindakan: Membawa bekal air.

Mengapa Perlu: Membeli air botolan setiap hari sungguh memeras Planet Bumi. Bagaimana tidak? Setiap botol plastik dengan muatan 1 liter air itu membutuhkan 7 liter air dalam proses pembuatannya. Dengan mengisi ulang botol plastik Anda telah melakukan penghematan besar-besaran.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 577 galon air.

Tindakan: Makan lebih banyak porsi menu vegetarian dalam seminggu.

Mengapa Perlu: Dibutuhkan banyak sekali air hanya untuk menumbuhkan pohon yang dijadikan pakan ternak, misalnya sapi yang akan dijadikan hamburger. Hanya dengan sekali seminggu mengganti 4 ons daging sapi dari menu kamu dengan menu vegetarian, kamu bisa menghemat lebih 3.000 galon air.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 171.704 galon air.

Tindakan: Membeli produk kertas daur ulang.

Mengapa Berguna: Produk yang dibuat dari 100 persen kertas daur ulang membutuhkan jauh lebih sedikit air ketimbang kertas biasa. Kalau keluarga Anda menggunakan 4 gulung tisu seminggu, pilihlah produk tisu dari kertas daur ulang dan Anda telh berhemat banyak. Jumlah Penghematan Selama Setahun 637 galon air.

Baca juga : 12 Cara Mengelola Stress Bagi Wanita Karier

Tindakan: Memasang pancuran air beraliran lamban.

Mengapa Berguna: Pancuran beraliran lamban membuang air setengah saja ketimbang

pancuran biasa. Kalau mandi di pancuran selama 5 menit dengan pancuran beraliran lamban, Anda menghemat cukup air dalam setahun untuk mengisi kolam berukuran 15 kaki di atas permukaan air.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 4.550 galon air.

Tindakan: Menyiram air pagi-pagi sekali atau petang.

Mengapa Berguna: Kalau Anda menyiram air di siang hari, penguapan akan menghalangi 14 persen air untuk mencapai akar tanaman. Menyiram air pagi sekali atau petang hari bisa menghemat 87 galon air per minggu.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 4.524 galon air.

Tindakan: Menyiram air dengan selang, bukan dengan penyemprot.

Mengapa Berguna: Rata-rata rumah menghabiskan 25.000 galon air per tahun hanya untuk menyiram tanaman. Jumlah sekian setara dengan hampir dua kali lipat konsumsi air dalam rumah. Menyiram dengan selang ketimbang penyemprot dua kali lebih efisien loh.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 12.500 galon air.

Tindakan: Memasang penyaring keran.

Mengapa Berguna: Keran menghabiskan 15% air dari total penggunaan air di dalam rumah dengan kecepatan aliran dua kali lipat dari aliran air seharusnya. Dengan memasang penyaring keran di dapur dan wastafel kamar mandi, kamu akan menghemat air.

Jumlah Penghematan Selama Setahun: 1.000 galon air.

Demikianlah 8 tindakan untuk menghemat air. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.