8 Tempat wisata Museum di Jakarta

Nama kota Jakarta pastinya sudah tidak asing di dengar terutama menyangkut tempat-tempat wisata pilihan yang terkenal . Namun pada kali ini saya akan share Objek wisata Museum di Jakarta yang mempunyai kaitan dengan sejarah .
1. Museum Sejarah Jakarta
Museum ini menempati gedung tua dan di bangun pada 1710 yang di kenal dengan sebutan Balaikota Batavia .Koleksi yang dipamerkan meliputi numismatik berupa logam VOC , prasasti sisa kerajaan Banten , serta perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu aben merupakan kayu merah yang mewakili abad 17 hingga 19 , tulisan dan lukisan kayu Raden Saleh , potret Gubernur Jenderal VOC , peta tua dan peninggalan lainnya yang masih dipelihara dengan baik .
Alamat : Jalan Taman Fatahillah 1
2. Museum Tekstil
Berada di sebelah barat daya Jakarta yang menempati sebuah rumah dari abad 19 yang sudah dipugar . Di sini terdapat lebih dari 1000 koleksi jenis tekstil tradisional dari berbagai daerah di Indonesia baik dalam bentuk tenunan ataupun batik modern .
Alamat : Jl. K.S Tubun No. 4 Tanah Abang
3. Museum Wayang
Terletak di sebelah barat Plaza Fatahillah menempati gedung dari abad 17 . Dimuseum ini mempunyai koleksi wayang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan beberapa diantaranya berasal dari Asia Tenggara. Wayang-wayang dibuat dari Kayu dan kulit yang dipamerkan disini .
Alamat : Jl. Pintu Besar Utara No.27
4. Museum Bahari
Menyajikan informasi lengkap tentang kehidupan bahari bangsa Indonesia dengan tujuan memudahkan masyarakat mengenal kebaharian Indonesia yang mempunyai ribuan pulau . Disini juga ditampilkan peralatan laut seperti perahu tradisional dari berbagai daerah seperti perahu pinisi dari Bugis , perahu Comprey dari Cirebon , perahu Bercadik dari Jawa Timur dan Madura , alat navigasi , peralatan penangkap ikan dan lainnya.
Alamat : Jl. Pasar Ikan No. 1
5. Museum Satriamandala
Merupakan salah satu museum yang khusus menyajikan informasi sejarah perjuangan ABRI dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Indonesia . Penyajiannya dalam bentuk diorama yaitu penyajian tiga dimensi , selain itu dipamerkan pula benda-benda bersejarah seperti senjata , atribut ABRI serta ruang Jenderal Sudirman dan Jenderal Oerip Soemohardjo memeperkaya koleksi museum ini .
6. Museum Nasional
Namanya dikenal juga dengan Gedung Gajah karena di halaman depan terdapat patung gajah perunggu yang merupakan hadiah Raja Chulalongkom dari Thailand pada tahun 1871.
Museum ini didirikan pada tahun 1778 oleh prakarsa J.M.C Rademanching dibawah pimpinan Batavia Association of Indonesia . Koleksi yang dimiliki paling lengkap di Indonesia berasal dari seluruh pelosok nusantara yang menggambarkan keanekaragaman seni budaya , bahan-bahan alam dan naskah kuno.
Alamat : Jl. Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat.
7. Museum Adam Malik
Didirikan pada tahun 1984 merupakan bekas kediaman Almarhum Adam Malik seorang diplomat dan mantan wakil presiden . Didalam meseum ini tersimpan berbagai koleksi beliau berupa benda seni yang bernilai tinggi dari berbagai negara seperti keramik , lukisan benda – benda porselin dan berbagai kerajinan tradisional serta koleksi berupa peralatan fotografi dari berbagai model untuk melestarikan budaya bangsa .
Alamat : Jl. Diponegoro No.29 Jakarta Pusat
8. Museum Sasmita Loka
Didirikan pada tahun 1966 merupakan bekas rumah kediaman pahlawan revolusi Jenderal Ahmad Yani yang dibunuh secara tragis pada peristiwa G30S PKI. Beberapa peninggalan dari almarhim Jenderal Ahmad Yani seorang pahlawan bangsa masih dapat disaksikan oleh wisatawan agar dijadikan sebagai pelajaran bagi generasi mendatang .
Alamat : Jl. Lembang D 58 Jakarta Pusat.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan