8 Add-on Firefox Pilihan Untuk Mempermudah Aktivitas Browsing

Browser seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome memiliki keunggulan dalam hal kustomisasi, baik itu tampilan dan fitur melalui bantuan add-on atau extension. Jika Anda menggunakan browser Firefox di Android, maka dapat juga menggunakan add-on untuk mempermudah aktivitas browsing, bahkan membuat nyaman. Lantas, apa saja add-on firefox yang layak untuk dipilih?

Berikut 8 add-on firefox pilihan yang dapat Anda coba untuk mempermudah aktivitas browsing.

Mencari & Menginstal Add-on

Tentunya Anda harus tahu cara untuk menginstal add-on terlebih dahulu.

  1. Caranya tap tiga tombol titik berjajar di sudut kanan atas, lalu pilih Tools>Add-ons.
  2. Selanjutnya Anda dapat mencari add-on dengan memilih opsi “Browse all Firefox Addons.”

Adblock Plus

Merupakan salah satu add-on yang juga sering dipakai oleh pengguna browser apapun termasuk Firefox. Dengan add-on ini, Anda dapat memblok setiap ad (iklan) yang ada di halaman website. Namun jika Anda ingin tetap menampilkan ad di website, dapat memasukkannya dalam daftar whitelist. Jika Anda merasa kurang nyaman dengannya, dapat mencoba alternatif yakni uBIock.

Black Background and White Text

Dari namanya sudah jelas fungsinya, yakni membuat background Firefox menjadi hitam dengan teks berwarna putih. Selain nyaman untuk mata, background hitam membuat konsumsi layar lebih rendah sehingga dapat menghemat baterai untuk.browsing dalam waktu lama.

Ghostery

Ketika browsing, salah satu ketakutan kita adalah data pribadi jatuh ke orang yang salah. Anda dapat menggunakan add-on ini untuk mengetahui semua script yang melacak aktivitas di halaman website. Ghostery juga dapat memblok script berbahaya yang secara dasar mencegah pelacak mengumpulkan data pribadi Anda.

LastPass

Walau terdapat fasilitas untuk menyimpan informasi login (username dan password) di browser, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya. Hal ini dikarenakan keamanannya sangat lemah dan semua orang dapat mengaksesnya. Oleh karena itu gunakan saja LastPass. Add-on ini dapat menyimpan semua informasi login untuk website tertentu dan Anda hanya perlu satu master password untuk menguncinya. Secara pintar LastPass akan mengerti informasi login dan Anda tak perlu menginputkannya secara manual.

Tap Translate

Add-on ini dapat menerjemahkan teks dalam website ke berbagai bahasa berbeda tanpa Anda harus meninggalkan browser.

Lock

Fungsinya satu, yakni mengunci Firefox dengan password. Salah satu alasannya jelas mengenai privasi. Secara otomatis semua data pribadi seperti cookies dan history akan disimpan walau Anda tetap keluar dari browser. Memang Anda dapat menghapusnya secara manual tiap kali ingin selesai berselancar, namun merepotkan juga. Jadi solusi cepatnya adalah kunci saja Firefox.

Open Native App

Tiap kali Anda men-tap link YouTu.be, maka secara default akan diarahkan ke website desktopnya untuk memutar video. Padahal akan lebih nyaman jika langsung menontonnya di aplikasi YouTube secara langsung. Dengan extension ini, tiap kali Anda mentap link YouTube, maka video akan diputar langsung pada aplikasinya.

Three Finger Swipe

Merupakan add-on yang penggunaannya paling keren, dimana Anda dapat menggunakan tiga jari untuk menyapukan layar sehingga dapat membuka tab baru, berpindah ke tab kiri atau kanan, dan lainnya. Jika Anda menggunak smartphone berukuran lebar, maka add-on ini sangat bermanfaat.

Itulah 8 add-on firefox plilihan yang patut dicoba. Semoga bermanfaat.