7 Tempat wisata pilihan di Yogyakarta yang wajib dikunjungi

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dengan sebutan kota gudeg, kota pendidikan dan kota budaya, dimana hampir sebagian seniman yang terkenal di Indonesia lahir di daerah Yogyakarta seperti sastrawan terkenal WS Rendra dan seniman terkenal lainnya.

Bukan hanya terkenal dari sisi pendidikan dan budaya saja, Yogyakarta terkenal dengan tempat wisatanya karena daftar obyek wisatanya yang sangat disarankan untuk dikunjungi, berikut daftar tempat wisata pilihan yang ada di Yogyakarta.

1. Kraton Yogyakarta

Kraton ini merupakan istana peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwono I yang didirikan sekitar pertengahan abad ke-18 M , didalamnya terdapat banyak peninggalan-peninggalan sejarah seperti kereta kencana,perlengkapan rumah tangga dan senjata pusaka. Lokasi keraton ini tidak jauh dari dalam kota Yogyakarta atau sekitar 1,5 Km dari stasiun Tugu, dapat ditempuh dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

2. Istana air taman sari

Istana air taman sari dulunya merupakan tempat rekreasi dan pemandian khusus keluarga sultan , dihalaman depannya terdapat sebuah bangunan masjid ” Soko Tunggal ” yang sangat unik dan menarik. Pencapaiannya juga tidak memakan waktu yang lama yakni hanya +/- 400 meter dari Keraton Yogkarta ke arah selatan.

3. Kota Gede

Kota gede merupakan salah satu kota tua di Yogyakarta dimana dikota ini masih menyisakan peninggalan-peninggalan sisa bangunan lama seperti gerbang kraton kota gede,makan panembahan Senopati. Selain itu, kota gede juga dijadikan tempat pusat kerajinan emas dan perak yang pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan istana namun seiring berjalannya waktu tempat ini juga dibuka secara umum. Apabila anda berkunjung wisata ke tempat ini maka tidak ada salahnya untuk membeli hasil kerajinan ini sebagai cinderamata. Lokasinya tidak jauh dari tenggara Yogyakarta yaitu hanya berjarak 5 Km.

4. Imogiri

7 Tempat wisata pilihan di Yogyakarta  yang wajib dikunjungi   Imogiri yang merupakan kompleks makam raja-raja kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta yang dibangun oleh Sultan Agung. Kompleks ini terletak diatas sebuah bukit yang sangat indah dan sejuk dengan 345 anak tangga untuk sampai ke gerbang pintu makam lokasinya lumayan sedikit lama yaitu sekitar  15 Km dari tenggara Kota Yogyakarta.

5. Sendangsono

Merupakan tempat ziarah bagi umat Katholik yang dibangun menyerupai Lourdes Perancis , terletak di kalibawang kabupaten Kulon Progo atau sekitar 45 Km dari barat laut yogyakarta. Pada bulan Mei dan Oktober tempat ini dipenuhi oleh para peziarah.

6. Malioboro

Merupakan objek wisata dan pusat perbelanjaan di jantung kota yogyakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi, disepanjang jalannya dipenuhi dengan keunikan dan kerajinan produksi nasional hingga berbagai wisata kuliner yang dapat dinikmati, ketika malam hari Malioboro tampak indah karena dikenal dengan resotoran terpanjang yang tiada lain adalah rumah makan lesehan.

7. Pasar Beringharjo

Sudah sejak lama pasar ini menjadi pusat perbelanjaan kota yogyakarta , disini anda bisa menikmati asyiknya berbelanja batik , kain lurik serta makanan khas yogya.

Itulah 7 Tempat wisata pilihan di Yogyakarta  yang wajib untuk anda kunjungi saat liburan tiba, selamat mencoba ya,,,

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan