Kehamilan merupakan salah satu moment yang paling dinanti-nantikan oleh setiap pasangan suami istri diseluruh dunia. Dengan demikian, maka tidak heran jika mereka akan melakukan yang terbaik untuk menyambut sang buah hatinya, termasuk dalam pola makanan. Seperti yang dilansir dari website SGM, ada beberapa jenis kuliner yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Sushi

Jenis kuliner pertama yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil, yakni bernama sushi. Mengapa demikian? Pasalnya, makanan khas Jepang yang satu ini terbuat dari daging ikan mentah, yang masih memiliki kandungan bakteri seperti salmonella, e coli, dan toxoplasma. Tentu saja jenis-jenis bakteri tersebut dapat membahayakan kondisi kandungan bagi para ibu hamil. Jika pun bunda ingin memakannya, sebaiknya cari restoran sushi yang daging ikannya disajikan secara matang.

  1. Jenis Keju Tertentu

Selain sushi, ada beberapa jenis keju tertentu yang sangat terlarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ya, jenis-jenis keju tersebut diantaranya adalah keju soft, riquefort, brie, danish blue, camembert, dan jenis keju mentah lainnya. Soalnya, keju mentah ini masih mengandung bakteri listeria yang dapat menghambat perkembangan janin lho.

Pentingnya Susu SGM Bunda Untuk Ibu Hamil

  1. Ikan Laut Yang Mengandung Merkuri

Seperti yang kita ketahui, bahwa daging ikan laut  itu kaya akan kandungan protein hewani yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Selain itu, daging ikan laut juga memiliki kandungan asam lemak dan omega 3 yang bagus untuk ibu hamil. Akan tetapi, jenis ikan laut yang mengandung merkuri itu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berdasarkan dari hasil penelitian, ada beberapa dampak buruk yang akan dirasakan oleh ibu hamil jika mengonsumsi ikan laut yang mengandung merkuri. Dampak buruk tersebut diantaranya adalah dapat menghambat pertumbuhan otak pada janin, menyebabkan gangguan pada motorik janin, dan sebagainya. Lantas, jenis-jenis ikan laut seperti apa sajakah yang mengandung merkuri? Ikan yang mengandung merkuri itu seperti ikan tenggiri, ikan pari, ikan marlin, dan ikan hiu.

  1. Air Kelapa Muda

Pada dasarnya, air kelapa ini memang sangat bagus untuk kondisi kesehatan tubuh kita. Namun, air kelapa sangat tidak disarankan untuk diminum oleh ibu hamil di usia trisemester pertama. Mengapa bisa demikian? Soalnya, air kelapa muda tersebut bisa menyebabkan kondisi kehamilan menjadi lemah lho.

  1. Buah Anggur

Jenis kuliner berikutnya yang tidak boleh di konsumsi oleh ibu hamil, yakni adalah buah anggur. Menurut para pakar kehamilan, buah anggur ini tidak boleh dikonsumsi di usia kehamilan 8 bulan, dikarenakan dapat membuat suhu kandungan menjadi lebih panas.

  1. Buah Nanas

Ini dia salah satu jenis buah-buahan yang selalu dicari oleh para wanita hamil yang hendak menggugurkan kandungannya. Ya, hal itu dikarenakan buah nanas memiliki zat bromelain yang dapat melunakkan dinding rahim, sehingga berpotensi terjadinya keguguran. Itu sebabnya, mengapa buah yang satu ini harus dihindari oleh para ibu hamil.

  1. Buah Pepaya

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada buah yang bertekstur lembut dan memiliki rasa manis ini? Dibalik rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut, ternyata buah pepaya sangat terlarang bagi para ibu hamil lho. Ya, hal ini dikarenakan tingginya kandungan lateks pada buah pepaya, yang dapat merusak perkembangan janin.

Nah, itulah beberapa jenis kuliner yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengetahuinya, anda pun dapat lebih berhati-hati lagi dalam kegiatan berburu kulinernya.