7 Fakta unik tentang Indonesia yang mendunia

Indonesia , yups negara tercinta kita memang sangat luas yang disambangi berbagai suku,bahasa,adat,budaya ,wisata,kuliner dan berbagai keunggulan lainnya sehingga menjadi sorotan dunia.Namun dibalik keunikannya tadi, berikut 7 Fakta unik tentang Indonesia yang harus di ketahui supaya kamu bisa bangga dengan Indonesia.

1. Pantai Plengkung – Terpanjang dan terbesar

pantai plengkung banyuwangi

Mungkin kamu hanya menganggap bahwa hanya pantai kute, sanur dan pantai Nias yang jadi sorotan bagi peselancar namun sebenarnya masih ada daya tarik wisata lainnya yang tidak kalah menarik dan unik yaitu pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo  tepatnya di Kota Banyuwangi – Jatim. Bagi peselancar dunia pantai ini disebut dengan G-land karena wilayah dan semburan ombaknya menyerupai huruf ” G “.Tinggi ombak di Pantai Plengkung sekitar 4-6 meter dengan panjang mencapai 2 Km dan merupakan salah satu terbaik di dunia sehingga tidak jarang para peselancar dunia datang ke sini.

2. Rendang – Makanan terenak di Dunia

rendang

Siapa sih yang tidak mengenal Rendang , salah satu makanan yang berasal dari Padang , Sumatera Barat. Walaupun berasal dari Padang, Kenyataanya hampir semua masyarakat Indonesia menyukainya. Bukan hanya itu , tepatnya tahun 2011 situs besar CNN yang melakukan survey dari 50 makanan terenak di dunia dan Randang menjadi salah satunya.

3. Goa Petruk

Goa Petruk terletak di Kebumen , Jateng yang merupakan salah satu goa paling dalam di Dunia, didalamnya terdapat batuan yang mempunyai bentuk unik serta berbagai panorama lainnya yang sangat menakjubkan. Tahukah anda bahwa Goa Pertuk terdiri dari tiga bagian pada bagian pertaman kita hanya bisa menyaksikan kelalawar yang bertebrangan saja, melaju ke bagian dunia yang dinamakan sebagai Gua Semar dimana kamu akan melihat pemandangan dan bebatuan yang sangat indah dan dibagian ketiga diberi nama sebagai Gua Petruk dimana didalam gua tersebut terdapat batu yang menyerupai wajah Petruk yang merupakan salah satu tokoh pewayangan. Kedalamannya mencapai 2000 meter.

4. Gunung Tambora – Letusan gunung terdahsyat

gunung tambora

 

 

 

 

 

 

Terletak di Sumabawa , Nusa Tenggara Barat . Sekitar tahun 1815 M gunung ini meletus dan merupakan letusan terdahsyat di Indonesia. Suara letusannya mampu terdengar hingga Pulau Sumatera atau sekitar 2000 Km dan abu Vulkaniknya mampu menjangkau wilayah Kalimantan , Jawa,Sulawesi dan Maluku yang memakan korban jiwa sekitar 71.000 orang. Selain itu, akibat letusannya juga menyebabkan perubahan iklim global akibatnya banyak petani yang gagal panen serta kematian banyak ternak yang terjadi di bumi bagian utara sehingga terjadi kelaparan terburuk pada abad 19.

5. Pt.Semen Padang – Pabrik semen paling tua

Sesuai namanya, Semen Padang didirikan di Padang, Sumbar pada 18 Maret 1910 dengan kapasitas produksinya mencapai 22.900 ton/ tahun hingga mencapai titik tertinggi yaitu 170.000 ton.

6. Papua – Hutan Tropis Terluas

Hutan hujan biasanya terdapat banyak jenis flora dan fauna yang sangat unik dan menarik. Hutan hujan hanya meliputi 2 % dari wilayah bumi dan menghasilkan sekitar 40 % kebutuhan oksigen dunia. Di Indonesia sendiri, hutan hujan paling luas terdapat di Provinsi Papua dengan luas mencapai 288216 Km persegi sehingga Indonesia menjadi julukan sebagai paru-paru dan jantung Dunia.

7. Spesies Ikan hiu terbanyak

Sebagai negara Maritim sangat tidak heran jika di Indonesia memliki jumlah spesies ikan hiu terbayak di Dunia yaitu sekitar 150 spesies. Alasan ini sangat masuk akal mengingat negara kita merupakan salah satu negara lintasan perdagangan dunia. Sebagai contoh adalah negara tetangga seperti Malaysia,Brunei,Singapura ketika melakukan perdagangan ke Australia secara otomatis akan melewati Indonesia begitupun sebaliknya dari Australia. Maka tidak heran jika pendapatan negara ini cukup besar dari hasil pajak antar negara yang melakukan transaksi dan Indonesia sendiri merupakan landasan utamanya.

Itulah 7 Fakta unik tentang Indonesia yang mendunia dan harus kamu ketahui.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan