5 Makanan yang dapat merusak gigi

Semua orang pasti ingin mendapatkan gigi yang sehat , namun keinginan tersebut tentunya dimulai dari makanan yang kita konsumsi menyehatkan tubuh dan tidak merusak gigi. Artikel sebelumnya telah dibahas tentang makanan atau minuman yang membuat gigi kuning .

Di zaman yang modern ini , sebaiknya kita harus lebih bijak dalam memilih makanan khususnya pada anak-anak dimana jangan sampai kesehatan anak anda terkuras oleh makanan yang tidak sehat , hal ini berlaku juga untuk semua kalangan karena kesehatan adalah prioritas utama.

Hampir semua makanan maupun minuman yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia walaupun ” sehat ” dalam slogannya akan tetapi tetap saja bahan kimia tidak ada manfaatnya untuk tubuh baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berikan informasi seputar kesehatan gigi anda yaitu mengetahui makanan ataupun minuman yang dapat merusak gigi , informasi ini saya dapatkan dari situs berita Indonesia kompas yang melansir dari health.com.

1. Jus dalam bentuk kemasan

Sebotol jus baik sayur maupun buah tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita namun harus memperhatikan kandungan gulanya ,pasalnya bakteri akan mengubah gula menjadi asam dan hak inilah kenapa enamel gigi kita mudah menipis hingga gigi berlubang.

Jangan langsung mengonsumsi jus dari kemasan alangkah baiknya kuta menggunakan sedotan supaya gigi kuta tidak langsung bersentuhan dengan gula secara langsung, namun lebih baik lagi kalau anda mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung gula dalam jumlah sedikit. Selain itu , pastikan untuk selalu menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut .

2. Vitamin kunyah

Vitamin kunyah di desain sedemikian rupa supaya kenyal dan lengket namun tekstur lengket tersebut umumnya adalah gula. Ketika anda kunyah sama halnya anda menyiramkan air gula pada gigi anda yang menyebabkan gigi mudah berlubang dan rusak.

Sebagai solusi , ketika anda sering mengonsumsi vitamin sebaiknya konsumsi dalam bentuk pil agar sedikit menghindari bercampurnya gula dan gigi anda.

3. Mengonsumsi saus barbecue

Saus jenis ini banyak digunakan pada makanan panggang , saat hari-hari libur membuat makanan panggang bersama keluarga memang sangat menyenangkan,apalagi makanan itu dilumuri saus barbecue supaya rasanya lezat. Namun dibalik makanan enak tersebut pada sausnya mengandung gula sehingga akan merusak gigi.

Untuk solusinya sangat mudah kok , sikat gigi setelah makan adalag hal yang sepele namun bagus untuk menjaga gigi agar tetap sehat.

4. Mengonsumsi buah kering

Banyak ahli-ahli kesehatan gizi menganjurkan untuk mengonsimsi buah segar karena kandungan mineral dan vitaminnya masih bisa terjaga. Lain halnya dengan buah kering , walaupun dicap ” bergizi ” ,makanan ini dilapisi dengan zat non selulosa dan kandungan gula yang tinggi.

Jadi sebaiknya konsumsi buah yang masih segar dan lebih sehat, buah seperti ini bisa di dapatkan di pasar,toko buah dan dari kebun secara langsung namun jangan lupa cuci terlebih dahulu ya…

5. Anggur putih

Manfaat buah Anggur sangat beragam bagi kesehatan ataupun kecantikan kulit. Anggur merah banyak yang bilang tidak bagus untuk kesehatan gigi , begitupun dengan anggur putih , pasalnya kandungan asamnya mampu merusak membuay gigi rusak sekaligus enamelnya jadi tipis.

Untuk itu sebaiknya kita menghindari makanan yang membuat gigi berlubang dan membiasakan menggosok gigi siang dan malam untuk mencegah kerusakan gigi sejak dini.

Itulah tips kesehatan yang bisa saya sampaikan tentang makanan yang dapat merusak gigi , artikel ini hanya informasi namun untuk lebih jelasnya anda wajib berkonsultasi kepada dokter gigi setempat. Semoga bermanfaat.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan