5 Makanan khas Indonesia yang mendunia

¬†Indonesia merupakan negara dengan sejuta prestasi dibidangnya masing-masing maka tak aneh jika negara-negara lainnya ikut ” iri ” terhadap negeri tercinta kita ini.

Di bidang olahraga seperti bulutangkis,Indonesia sudah tidak asing lagi sebagai negara yang memiliki kualitas terbaik di bidang ini dan pernah menyabet piala dunia.

Selain bidang olahraga , Indonesia juga terkenal karena masyarakatnya murah senyum , tenteram , indah dan yang paling utamanya adalah memiliki makanan khas yang tidak ada duanya jika dibandingkan dengan makanan tradisional negara lain. Sebut saja Rendang , menjadi nominasi dalam daftar makanan paling enak di dunia. Beberapa daftar makanan khas tradisional Indonesia katanya terkenal di dunia , masakan apa itu ???.

1. Rendang

Terlahir dari tanah Minangkabau , pastinya anda sudah tidak asing dengan makanan ini ya . Masakan dengan bahan dasar daging sapi yang digiling halus dengan bumbu rempah khusus membuat cita rasanya menggoda lidah. Bukan hanya bagi lidah lokal saja , lidah – lidah bule pun turut menikmatinya.

Makanan ini dapat kita jumpai di warung-warung nasi dan restoran khususnya pada restoran minang , dahulunya makanan ini hanya disajikan pada acara-acar besar saja seperti idul fitri dan idul adha tapi hingga saat ini kita dapat menjumpainya kapan saja selagi ada uang.

2. Sate

Selain rendang , kulineran khas Indonesia yang menarik lainnya adalah Sate . Beragam jenis , cara mengolah , bahan dan bumbu sate sangat banyak sehingga makanan ini mulai cukup terkenal karena sangat unik. Hingga kini sate yang bisa dinikmati adalah sate sapi , ayam , kelinci dan lilit dari Bali yang tidak kalah menariknya.

3. Soto

Yang terkenal di Indonesia sendiri adalah soto Madura , soto merupakan makanan yang enak di lidah , baik dari segi rasanya bercampur kuah dan perasan jeruk nipis membuat masakan ini segar apalagi disantap disaat malam ataupun siang hari dengan mie atau nasi. Beberapa jenis soto adalah kuah bening dan soto kuah santan , kedua jenia tersebut tidak kalah enaknya.

Soto banyak juga ditemukan di warung-warunh nasi atau restoran , harganya pun beragam kadang dihargai 10.000 / mangkuk tapi mengenyangkan perut.

4. Gado – Gado

Gado-gado adalah salad nya orang Indonesia , anda mungkin sering mengonsumsi makanan ini. Pada salad biasanya dilumuri dengan Thousand Island akan tetapi kalau gado-gado dilumuri ulekan halus bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng diatasnya.

Selain potongan sayur matang seperti mentimun , kacang panjang, kol , taoge dan biji jagung . Telur dan kentang pun turut dimasukan ke makanan ini supaya rasanya lebih enak. Bisa disajikan gado-gado full ataupun dengan tambahan nasi.

Untuk orang sunda sendiri , gado – gado dikenal dengan sebutan Lotek . Ada pula makanan sejenisnya yaitu Karedok , yang hanya membedakannya adalah sayurannya yang masih dalam keadaab mentah sedangkan untuk lotek dalam keadaan matang tetapi bumbunya masih sama. Harganya pun sangat terjangkau , mulai dari 5000 hingga 15.000 saja anda sudah bisa mencicipinya.

5. Nasi goreng

Siapa sih yang gak kenal dengan makanan ini ?? Hampir semua orang pernah mencobanya. Nasi goreng merupakan makanan yang enak apalagi disantap saat malam hari , nasinya kemudian digoreng dan dicampurkan bumbu secara merata seperti bawang putih , bawang merah , cabe , minyak , garam , sasa ,daging cincang , telur, kecap asin dan kecap manis ( sesuai selera ) kemudian ditaburi bawang goreng, mentimun , tomat mentah dan kerupuk diatasnya.

Anda dapat membuatnya sendiri ataupun membelinya di pasar dengan harga yang relatif ekonomis sekitar 8.000 saja anda bisa menikmatinya.

6. Tempe

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kacang yang melewati proses fermentasi bakteri Rhizopus Oryzae dan mikroorganisme lainnya yang memiliki peran penting dalam pembuatannya.

Tidak diketahui secara pasti kapan tempe berasal namun ini merupakan makanan asli Indonesia yang patut dibudayakan.

Makanan ini telah dikenal sejak abad-abad lalu terutama pada tatanan budaya makan masyarakat Jawa khususnya Yogyakarta dan Surakarta . Adapula yang menyebutkan tempe mulai ditemukan pada tahun 1875 . Ada juga sumber lain mengatakan mulai ditemukan pada masa tanam paksa di Jawa. Pada masa itu mungkin ubi , singkong dan kedelai jadi bahan pokok makanan sehingga masyarakat membuat terobosan berupa tempe.

Dari masa ke masa , tempe mulai dikenal masyarakat dunia terutama di negara Jepang yang dapat kita jumpai seperi steak tempe dan makanan yang terbuat dari tempe . Selain rasanya

yang enak , tempe juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan pasalnya dalam tempe mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dan bebas kolesterol . Jika dibandingkan dengan daging sapi dan ayam , tempe jauh lebih bernilai gizi tinggi.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan