5 Keuntungan Penting Membaca Berita dari Situs Penyedia Berita Online

Sejak televisi demikian populer, persebaran oplah koran jadi sulit berkembang. Orang tinggal duduk di depan layar televisi, minum teh, kopi, tanpa harus pergi ke pelapak koran, sudah dapat banyak sekali informasi bermanfaat. Sekarang, zaman bertambah lagi dengan kehadiran dunia internet. Ditambah lagi populasi penggenggam internet kian meningkat dari tahun ke tahun. Tentunya ini perkembangan pesat, kan?

Ada 4 mesin pencari ternama di dunia internet. Mereka bernama Google, Yahoo, Bing, dan Yandex. Tanpa mereka, hampir mustahil sebuah berita atau artikel bisa mudah ditemukan. Oleh karena itu, sekarang menjamur berbagai situs berita online yang menyajikan berita secara lengkap dan update. Hal ini menyebabkan pamor televisi agak menurun. Sebaliknya, produksi gadget kian naik tajam dari waktu ke waktu sebab banyaknya permintaan dari pasar.

Selain mudah diakses, situs berita secara online juga punya keuntungan penting lainnya. Akibat dari keuntungan ini, banyak orang kini mulai berwawasan luas dan kritis. Mudah akrab dengan dunia globalisasi berikut perkembangan dalam negeri dalam berbagai bidang.

Kendati demikian, diantara berbagai situs online yang ada, salah satu situs terbaik yang menyajikan berbagai informasi yang sangat menarik adalah tagar.id. Setidaknya ada 5 kelebihan yang membuat Anda harus membaca situs tersebut.

  1. Lebih Cepat Menyimak Berita Ter-Update

Sebuah berita yang masuk ke koran tentu terlebih dahulu melewati proses digital. Proses ini membutuhkan waktu yang tak sedikit. Pertimbangan mulai dari penyusunan halaman, percetakan, dan lainnya. Sementara informasi berita lewat online hanya butuh waktu beberapa menit sudah bisa dibaca banyak orang.

  1. Sumber Rujukan Lebih Melimpah

Di dunia internet ini, ruang untuk sebuah artikel berapa KB sih? Sedikit sekali. Biasanya tak ada 1 MB. Hal ini memungkinkan pemanfaatan ruang-ruang kosong jadi lebih bebas. Jadi, kalau Anda mau cari berita yang relatif sama, bisa dengan mudah mencari dan menemukannya. Selain itu, berita via online tak tergerus waktu. Selama tak ada eror, tulisan tak akan hilang.

Beda dengan berita di televisi maupun koran. Kalau di televisi, berita akan dibatasi oleh waktu. Scene demi scene harus berganti agar bisa menawarkan program menarik sekaligus beragam. Sementara di koran, dibatasi oleh ruang dalam kertas. Dua media ini sangat tidak mungkin memuat semua berita yang lahir pada hari yang sama, melainkan dipilih.

  1. Hemat Waktu dan Uang

Berselancar di internet hari ini tergolong murah. Cuma butuh paket internet paling-paling kurang dari 20.000 sudah bisa menjelajahi dunia maya selama sebulan penuh. Berita-berita yang tersaji kalau mau lihat tinggal arahkan kursor ke judul berita. Sekali klik langsung muncul semua beritanya.

  1. Tepat Sasaran

Di internet, kita mau berita apa hampir pasti ada. Misal, kita mau tahu bagaimana kabar Makkah hari ini. Tulisan demi tulisan terkait pun akan tampil dengan mudah. Namun, paling enak itu kalau Anda bisa membaca tulisan berbahasa Inggris. Tentu wawasan akan lebih luas lagi. Sumber rujukan jadi tidak hanya satu atau sumber berita dalam negeri.

  1. Bisa Memilih Sendiri

Berbeda dengan berita yang ditawarkan via televisi atau koran. Di dua media tersebut, kita hanya pasrah terhadap berita yang dipilihkan oleh Redaktur maupun editor. Tak bisa mengutak-atik lagi.

Sementara kalau via online, Anda bebas pilih sendiri berita yang dimau. Namun saran terbaik tentu Anda pilih situs berita yang terpercaya. Bukan yang abal-abal. Sebab, kalau Anda kebanyakan mengonsumsi berita dari situs abal-abal, akan mencederai pengetahuan Anda sendiri.

Dalam artikel ini tentu bukan bermaksud mendiskreditkan media televisi maupun media cetak. Kedua-duanya amat penting terhadap tumbuhnya minat baca dalam negeri. Hanya saja dengan kehadiran situs berita via online akan mampu mengantarkan berita ke berbagai daerah, termasuk yang pelosok sekalipun. Bukankah ini adalah salah satu harapan dari cita-cita mulia bangsa ini?

Faktanya, koran-koran besar jarang sekali yang bisa masuk daerah pelosok. Kebanyakan hanya beredar dari kota ke kota. Paling mentok di pinggiran desa. Alhasil, tingkat pengetahuan tunas negeri yang lahir di ujung negeri yang tak tersentuh media cetak akan ketinggalan zaman. Padahal perubahan zaman selalu terjadi setiap menit. Tidak, justru setiap detik.

Oleh karena itulah kehadiran situs berita tagar.id ini patus diapresiasi. Terutama lagi ketika tiga media ini menerapkan pola bekerja sama. Pasti tidak ada salah satu yang ambruk atau kalah pamor. Semua akan memegang peranan penting dalam kehidupan ini.