5 Keunggulan Bibit Sawit Topaz untuk Hasil Panen yang Lebih Optimal

Kelapa sawit merupakan komoditi potensial yang handal. Apa alasannya? Hasil perkebunan tersebut sangat diminati karena hasil olahannya berupa minyak kelapa sawit serta mudah dibudidayakan. Terlebih, kelapa sawit bibit unggul dapat tumbuh di berbagai tipe lahan perkebunan, baik itu datar, menggelombang, ataupun berbukit. Kemudahan ini tentunya menjadi kelebihan dari jenis tanaman ini. Komiditi ini cocok untuk dijadikan suatu usaha budidaya. Anda tertarik? Simak lebih lanjut penjelasannya.

Budidaya tanaman tentu memerlukan sebuah bibit yang nantinya ditanam dan barulah tumbuh menjadi pohon yang menghasilkan kelapa sawit. Tentu Anda mengharapkan hasil panen yang optimal, bukan? Memilih bibit sawit unggul merupakan langkah tepat untuk memperoleh hasil panen lebih optimal dan memadai dari segi kuantitas dan kualitasnya. Ada beragam bibit unggul yang dapat Anda gunakan dan tersedia pada orang yang jual bibit sawit unggul.

Akan tetapi, ada satu jenis bibit unggulan yang berkualitas baik dan mampu tumbuh di berbagai tipe lahan. Nama bibit unggul tersebut adalah Topaz. Selain kesuburan dan daya tahannya tersebut, Topaz menyimpan 5 keunggulan berikut ini.

  1. Tandan Buah Segar dan Kadar Minyak Tinggi

Tandan buah segar (TBS) adalah ciri-ciri hasil panen kelapa sawit yang optimal. Bagaimana tidak, tandan buah segar tersebut berpotensi untuk menghasilkan kelapa sawit berkualitas dan hasil olahannya juga bermutu. Bibit Topaz mampu tumbuh dan menghasilkan tandan buah yang segar dengan kualitas buah terjamin.

Buah kelapa sawitnya juga mempunyai kadar minyak tinggi hingga di atas 5 ton per hektar, sehingga dapat menghasilkan minyak kelapa sawit dengan jumlah memadai dan bermutu. Jumlah TBS dan kadar minyak kelapa sawit tersebut akan terus meningkat seiring bertambahnya umur tanaman.

  1. Cepat Berbunga

Cepat berbunga merupakan suatu pertanda bahwa pohon akan segera berbuah dengan jumlah banyak. tanda-tanda ini dapat diperoleh dari bibit yang berkualitas. Bibit Topaz adalah salah satunya. Pertumbuhan dan perkembanga bibit sawit Topaz tergolong mudah dan prima, di mana tahan terhadap hama yang mengganggu. Dengan demikian, pohon yang berawal dari bibit Topaz akan cepat berbunga dan cepat menghasilkan buah.

  1. Jumlah Produksi Optimal Sejak Panen Pertama

Umumnya, tanaman belum mampu memberikan hasil panen yang optimal pada panen pertama. Ada berbagai faktor penyebabnya, seperti perlunya beradaptasi, pengaruh budidaya yang kurang baik, dan sebagainya. Akan tetapi, hal tersebut tidak terjadi pada kelapa sawit dengan bibit Topaz yang mudah beradaptasi. Hal itu ditandai dengan hasil panen yang memadai dari segi jumlah dan kualitas sudah ada sejak panen pertama. Bahkan, hasil panen akan terus meningkat seiring bertambahnya usia tanaman.

  1. Rendemen Minyak Tinggi

Rendemen minyak kelapa sawit tergolong tinggi. Kandungan minyak CPO yang terus tinggi akan berpotensi meningkatkan jumlah rendemen minyak tentunya. Sebagai contoh, dalam kandungan minyak CPO sebanyak 6 ton per hektar, dapat dihasilkan rendemen minyak sejumlah 24 ton per hektar. Sungguh luar biasa!

  1. Mampu Beradaptasi dengan Baik di Tanah Marginal

Bibit Topaz sudah melalui serangkaian uji kualitas dan ketahanannya terhadap lingkungan dan hama. Berdasarkan pengujian, bibit sawit Topaz mempunyai daya tahan tinggi dengan kemampuan adaptasi yang mudah. Dengan kemampuan yang baik dan cepat dalam beradaptasi, maka bibit ini mudah tumbuh di berbagai jenis tanah, termasuk tanah marginal (lahan kritis) yang kadar kesubura tanahnya banyak berkurang.

Dengan kelebihan tersebut, bibit sawit Topaz sangat menarik untuk dibudidayakan. Kualitas kelapa sawit yang dihasilkan akan mempunyai karakteristik yang memadai. Anda tak perlu khawatir dengan persediaan bibit Topaz, karena sudah banyak pihak yang menyediakannya. Meskipun demikian, Anda harus memilih dan memilah penyedia bibit yang terpercaya dengan produknya yang terjamin. Take action! Choose the right one!