5 Extension yang Membuat Berselancar Makin Aman

Chrome adalah sebuah browser baik dari segi performa. Google melakukan usaha yang baik untuk memastikan kegiatan berselancar semakin aman. Tetapi Anda dapat memaksimalkannya sendiri menggunakan berbagai extension yang tersedia. Lantas, apa sajakah extension yang membuat berselancar makin aman?

Berikut adalah 5 extension yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan kegiatan berselancar. Mulai manajemen password, membersihkan jejak data, memblok iklan, bahkan menghentikan hasil pencarian itu ditampilkan. Semua extension ini dapat Anda cari dan instal melalui Chrome Web Store.

  1. LastPass

Extension ini memungkinkan ntuk hanya mengingat satu buah password saja untuk mengakses berbagai website yang membutuhkan informasi login. Satu buah password ini bertindak sebagai master password yang di dalamnya akan disimpan berbagai password berkaitan dengan website login. Cara penggunaannya dan pengaturannya mudah. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda melupakan master password.

  1. AdBlock Plus

Iklan (ad) adalah satu komponen utama yang sering mengganggu aktivitas berselancar. Biasanya muncul dalam berupa pop-up. Masalahnya jika Anda salah klik, terkadang terdapat ancaman seperti membawa Anda ke sebuah website yang tidak aman, hingga menginstal aplikasi yang tidak diinginkan. AdBlock Plus dapat diinstal untuk mengatasi ad yang mengganggu. Jika terdapat ad yang masih ingin Anda lihat, extension ini dapat mengijinkannya. Selain ad, extension juga dapat memblok elemen tertentu yang tidak Anda inginkan.

  1. HTTPS Everywhere

Dari namanya sudah dapat ditebak fungsinya. Extension ini memungkinkan Anda untuk memilih halaman tertentu dari website yang Anda cari untuk dibuka dalam koneksi yang aman.

  1. Personal Blocklist

Saat Anda melakukan pencarian via Google, terdapat beberapa website yang Anda berharap Google tidak menampilkannya lagi karena Anda tahu bawah website tersebut tidak menarik. Ketimbang website tersebut selalu muncul pada pencarian yang Anda lakukan, hapus saja dari daftar hasil pencarian. Gunakan extension Personal Blocklist, kemudian klik tombol “Block <URL website>” dan Google pun tidak akan menampilkannya lagi.

  1. Click & Clean

Saat Anda menggunakan sebuah PC atau laptop bersama orang lain, maka terdapat kemungkinan orang tersebut dengan mudah mengakses data pribadi yang telah Anda tinggalkan pada kegiatan berselancar sebelumnya. Untuk mengatasinya, gunakan extension Click & Clean. Anda dapat memilih data apa saja yang dapat dihapus. Mulai dari cookies, histori berselancar, hasil pencarian dan sebagainya. Setelah Chrome ditutup, maka semua data Anda yang telah tersimpan pun akan dihapus, dan orang lain pun tidak akan dapat mengaksesnya.

Itulah 5 extension yang membuat berselancar makin aman. So, tunggu apalagi? Selamat mencoba dan semoga berhasil.