4 Makanan ini menjadi penyebab susah tidur ( insomnia )

Susah tidur atau bahasa kerennya adalah ” Insomnia ” adalah hal yang sangat menjengkelkan, bagaimana tidak coba coba ketika tubuh memerlukan istirahat untuk memulihkan stamina terganggu dengan adanya masalah ini sehingga banyak orang mengalami depresi yang sangat berlebihan , ketika saatnya istirahat terganggu insomnia dan di pagi harinya mata terasa mengantuk tetapi tekanan pekerjaan masih ada, bayangkan ?? .

Memiliki tidur yang cukup merupakan suatu yang mendasar bagi kita karena sengat erat kaitannya dengan kesehatan dan keburgaran tubuh kita. Stress pun pada umumnya menjadi penyebab insomnia. Namun yang harus anda ketahui juga bahwa insomnia bukan diakibatkan stress dan pikiran saja , ada juga faktor-faktor yang lain seperti makanan dan minuman yang dikonsumsi. Nah pada kali ini admin akan share 4 jenis makanan yang bisa menyebabkan gangguan tidur. Penasaran ?

1. Kafein

Kafein mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita bukan, ? yups zat yang satu ini pada dasarnya bisa memberikan kontribusi energi dan penunda kantuk karena zat ini langsung menyusur ke otak kita dimana otak sendiri merupakan pusat kendali manusia. Umumnya zat kafein ini didapatkan pada kopi,teh dan obat-obatan yang memang sengaja dibuat untuk penunda kantuk. Jika hal ini adalah kebiasaan anda maka kurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan minum ini jika anda ingin mendapatkan istirahat yang cukup.

2.Alkohol

Konsumsi alkohohl juga menjadi penyebab susah tidur loh,,, kenapa ? karena dalam minuman ini menyimpan segudang nilai buruk bagi kesehatan tubuh. Orang teler karena pengaruh alkohol biasanya langsung terbaring lemas dan tidur , namun fungsi tidur disini sebenarnya tidak didapatkan secara alami. Timbulnya rasa ngantuk dan hilang kesadaran mungkin karena pengaruh zat yang ada dalam alkohol jadi merangsang penuh otak untuk tidur padahal bagian tubuh lainnya masih memerlukan refleksi yang seimbang dengan otak sehingga ketika bangun di pagi harinya justru tubuh akan terasa lemas dan akan memerlukan istirahat yang lebih untuk memulihkan energi kembali, Rugi bukan ??? , Nah untuk itu sebaiknya anda jangan sesekali mengonsumsi alkohol ya, hubungannya pula dengan nilai agama mengonsumsi alkohol sangat diharamkan dan beberapa fakta ilmiah mengungkapkan bahwa mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis sekarang atau mungkin beberapa saat ke depan.

3. Makanan fermentasi

Mungkin bagi anda ini hal sepele sih,, tapi tidak pernah anda sangka bahwa makanan hasil fermentasi menjadi penyebab susah tidur karena zat yang terkandungnya akan menstimulasi otak sehingga rasa kantuk tidak akan muncul. Makanan fermentasi yang banyak kita temui seperti tape,tempe,yoghurt,keju dan lainnya . Jika ingin mendapatkan tidur yang cukup dan sehat cobalah hindari konsumsi makanan ini sebelum anda tidur.

4. Makanan pedas

Makanan pedas juga bisa menyebabkan susah tidur loh,,, nah ini sih sebenarnya berkaitan dengan tubuh lainnya , katika anda habis mengonsumsi makanan yang pedas akan mengakibatkan perut anda mules dan sakit yang akhirnya harus menahan rasa sakit dan tentunya harus bolak-balik ke wc,

Itulah beberapa makanan penyebab susah tidur , untuk mendapatkan keinginan yang maksimal cobalah anda lebih bijak lagi dalam konsumsi makanan sehari-hari…semoga bermanfaat yua,,,

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan