3 Pengertian Faktor Pembentukan Kepribadian

Kepribadian dan sosialisasi adalah proses sosial yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu pengertian kepribadian dan pengertian sosialisasi untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keduanya. Kepribadian adalah organisasi dari faktor biologis, sosiologis, dan psikologis yang mendasari perilaku individu. Kepribadian individu meliputi kebiasaan sikap. Sifat yang khas dan berkembang pada seseorang. Kepribadian merupakan faktor-faktor pengetahuan, perasaan, dan naluri. Nah berikut ini adalah 3 pengertian Faktor pembentukan kepribadian.

Baca Juga : Tua Bahagia dengan Investasi Masa Muda

  1. Faktor Biologis Atau Keturunan

Warisan biologis merupakan faktor yang berpengaruh terhadap perilaku kompulsif, kemudahan dalam pergaulan, kemandirian, dorongan hati, sikap, dan minat. Contoh faktor keturunan seperti bentuk wajah, bentuk tubuh, dan sifat. Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa mesomorph lebih berpeluang melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dan melakukan kejahatan.

  1. Faktor Lingkungan Topografi

Lingkungan topografi menjadi salah satu faktor pembentukan kepribadian. Iklim dan sumber daya alam menyebabkan manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam. Upaya penyesuaian diri dengan lingkungan alam akan mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Misalnya lingkungan yang keras, maka perilaku orang-orangnya pun akan keras.

Artikel Populer : 5 Genre Musik Yang Paling Populer Di Indonesia

  1. Faktor Kebudayaan

Setiap daerah mempunyai budaya khusus, misalnya saja masyarakat kota Bandung yang berbeda dengan masyarakat kota Garut. Cara berbeda antara masyarakat kota dan desa, kebudayaan khusus karena perbedaan agama, kelas sosial, pendidikan, atau derajat sosial lainnya.