3 Cara Mengatasi Anak Sulit Untuk Makan

Kebutuhan asupan nutrisi bagi anak, tentu adalah salah satu hal yang penting untuk pertumbuhan badan dan otak si kecil agar mampu berkembang dengan sempurna. Terlebih berbagai aktifitas yang dilakukan oleh anak, banyak membutuhkan tenaga. Misalnya seperti bermain, sekolah, dan masih banyak lainnya.

Dengan aktifitas segudang tersebut, tentu semakin penting asupan bagi anak agar stamina dan energi, serta kebutuhan nutrisinya tetap terjaga. Sehingga, anak tidak mudah lelah dan juga memiliki tenaga untuk beraktifitas.

Kendati demikian, pada realitanya orang tua memiliki berbagai hambatan dalam memberikan asupan untuk si kecil. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah dikarenakan, anak sulit makan dikarenakan berbagai faktor. Oleh karena itu, berikut 3 cara mengatasi anak susah makan yang bisa dilakukan oleh orang tua.

  1. Memberikan Makanan Kesukaan Anak

Setiap anak, pada umumnya memiliki berbagai makanan yang sangat disukainya. Oleh karena itu, hal tersebut menjadi salah satu hal yang penting untuk mencari dan mengetahui makanan yang disukai oleh anak. Kendati demikian, terkadang makanan anak tersebut biasanya mengandung makanan yang tidak bergizi. Misalkan seperti jajanan, ataupun hal lainnya. Dengan demikian, ibu harus pintar dalam memberikan makanan lezat kesukaan anak yang sehat dan juga lezat. Perhatikan kebutuhan asupan si kecil dengan menunjang 4 sehat 5 sempurna namun menjadikan anak gemar untuk masakan bunda.

  1. Membuat Berbagai Variasi Makanan

Salah satu penyebab anak sulit makan lainnya dikarenakan menu yang disajikan ibu tidak bervariasi. Hal tersebut menjadikan anak bosan untuk makan. Oleh karena itu, tentu ibu harus lebih kreatif dalam memilih dan membuat menu untuk setiap harinya bagi anak. Dengan makanan yang bervariasi tersebut, tentu diharapkan anak lebih senang makan setiap harinya. Anda bisa membuat berbagai perencanaan menu saat sarapan, siang dan juga sore hari. Selain itu juga, setiap harinya memilih menu yang berbeda dan juga lezat.

  1. Bentuk Makanan yang Menarik Bagi Anak

Hal yang tak kalah pentingnya dalam meningkatkan selera anak adalah bentuk dari sajian yang akan disantap oleh anak. Dengan demikian, anak akan merasa tertarik melihat sajian yang indah menurutnya. Misalnya, ketika ibu hendak membuat nugget yang dicampur dengan sayuran agar memiliki nilai gizi tinggi. Ibu bisa membuat berbagai bentuk binatang-binatang lucu, maupun dengan bentuk yang bervariasi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tempat makan yang bagus dan juga menarik agar selera Anak makan semakin meningkat.