Rumah adalah tempat berkumpulnya keluarga,sehingga seyogyanya rumah menjadi tempat yang nyaman dan aman bagi keluarga sehingga orang merasa betah tinggal di rumahnya sendiri.Untuk itu kita khususnya orang tua harus bisa menciptakan suasana yang aman,nyaman di rumahnya agar anak-anak juga bisa betah di rumah.Berikut beberapa cara yang bisa membuat anak betah di rumah yaitu :

  1. Perhatian Orang Tua Terhadap Anak

Sesibuk apapun kita sebagai orang tua harus bisa meluangkan waktu untuk bersama anak-anak,sehingga anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya. Pada saat bersama anak-anak kita bisa saling sharing dengan anak atau menonton tv bersama,dan lain sebagainya,sehingga hubungan kita dengan anak semakin kuat.Kalau sudah demikian maka anak akan merasa nyaman di rumah bersama orang tuanya.

  1. Bersikap Baik Terhadap Anak

Kita sebagai orang tua harus bersikap baik terhadap anak,sehingga anak merasa nyaman dengan orang tua.Kalau sudah ada hubungan yang baik antara orang tua dan anak,maka anak akan merasa betah tinggal di rumahnya.

  1. Kalau Ada Masalah Antara Ibu Dan Bapa Sebaiknya Anak Tidak Mengetahuinya

Intinya anak-anak tidak boleh mengetahui kalau ada pertengkaran antara ayah dan ibunya,sehingga anak menganggap bahwa hubungan antara ayah dan ibunya baik-baik saja tidak ada masalah.