15 Cara menurunkan berat badan biar ideal

Memiliki postur tubuh ideal adalah keinginan semua orang agar tampil menarik ketika di depan umum  akan tetapi menurunkan berat badan bukan beralasan itu saja , yang paling penting menyangkut dengan kesehatan tubuh kita mengingat banyak kasus penyakit berawal dari postur tubuh yang melebihi batas wajar.

Timbulnya penyakit diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat sehingga daya tahan tubuh tidak bisa menghadanh bakteri ataupun virus dengan baik , memperbaiki pola hidup yang tidak sehat menjadi kunci keberhasilan program diet anda.

Menurunkan berat badan tidak semudah yang kamu bayangkan , ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam masalah ini , masih tergantungnya pola hidup yang tidak sehat membuat seseorang kesulitan mendapatkan hasil yang maksimal dan akhirnya apa ? Banyak diantara kita mengandalkan obat – obat yang dijual di toko-toko padahal kebiasaan ini akan menimbulkan masalah baru bagi tubuh anda. Berikut cara menurunkan berat badan yang bisa menjadi solusi tepat bagi keinginanmu.

1. Lakukan sekarang !!! 

Secara teori , banyak yang mengulas informasi cara menurunkan berat badan baik media cetak ataupun elrktronik seperti tv dan internet , tapi itu hanya sebuah teori dan rugi jika anda baca tanpa didorongi dengan aksi .

Artinya , diet ini bukan ajang untuk buang waktu saja , lakukanlah dari sekarang sebelum terlambat . Mengurus badan berarti anda merubah pola hidup yang lebih sehat dan teratur. Semua kegiatan harus terukur dengan baik mulai dari makan , olahraga dan istirahat serta milikilah motivasi yang tinggi untuk menggapainya.

2. Bikin target yang masuk akal 

Karena anda punya ambisi untuk cepat kurus sehingga banyak target tidak masuk akal. Walaupun banyak informasi yang beredar dapat kurus dalam beberapa minggu ya mungkin bisa asalkan anda siap untuk diboyong ke rumah sakit. Penurunan berat badan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat , tubuh anda perlu nutrisi dan pembakaran lemak untuk menopang aktifitas sehari-hari. Turun 0,5 Kg dalam seminggu bisa dibilang diet berhasil , jangan sampai anda membuat target 15 Kg bahkan 20 Kg dalam seminggu . Jika memang ” ngotot ” dengan target tersebut maka siapkan saja biaya untuk perawatan ke rumah sakit di minggu berikutnya ya….

3. Olahraga teratur 

Olahraga merupakan aktifitas positif yang akan membuat kamu sehat dan ceria , pasalnya dengan berolahraga secara otomatis pembakaran lemak pastinya akan keluar dengan banyak sehingga tumpukan lemak dalam tubuh menipis demi sedikit. Selain itu , berolahraga pula akan membuang racun dalam tubuh melalui keringat dan aliran darah kembali normal.

Pastikan anda selalu berolahraga secara teratur , banyak kok aktifitas yang bisa dilakukan seperti futsal , sepak bola , renang , bulutangkis , lari , joging dan aktifitas lainnya. Walaupun berolahraga , tetapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan minum agar tubuh tidak dehidrasi.

4. Jangan gunakan program diet ekstrim 

Jangan lakukan diet yang super ketat walupun sudah ada hasilnya , ingat penurunan berat badan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Mungkin banyak diantara kalian menggunakan metode ini ya , walaupun terbilang singkat tetapi justru akan menimbulkan masalah kesehatan baru di kemudian hari.

Kebutuhan kalori normal manusia sekitar 1500 kalori dalam sehari , sedangkan diet ekstri menghabiskan kalori lebih banyak dan hanya menyisakan sekitar 600 bahkan 500 kalori dan ini sungguh tidak normal dengan kalori normal harian . Secara logika sangat jelas  , kalori 600 cukup buat apa coba ? Jangankan buat aktifitas , untuk proses metabolisme tubuh saja mungkin masih rada ngeload dan tubuh tidak akan bekerja secara optimal , akibat tidak ada aktifitas fisik yang terjadi justru penimbunan lemak akan bertambah dan membuat diet anda gagal. Jadi pilihlah program diet yang alami , biarpun lama tapi hasilnya bagus untuk sekarang hingga waktu kedepannya.

5. Hindari konsumsi fast food 

Junk food akan membuat diet gagal , pasalnya secara umum makanan cepat saji menyuplai lemak lebih banyak pada tubuh akibatnya terjadi penimbunan lemak . Untuk itu bagi pecinta fast food yang lagi diet sebaiknya mengurangi mengkonsumsinya . Selain menggagalkan diet , kebiasaan mengonsumsi fast food akan membuat tubuh jadi tidak sehat.

6. Mengurangi konsumsi minuman bersoda 

Minuman bersoda mudah kita dapatkan di pasaran tapi tidak baik untuk kesehatan , dalam sekaleng minuman bersoda setidaknya terdapat 250 kalori yang siap masuk ke tubuh anda. Jadi jika diet ingin sukses cobalah untuk mengurangi minuman bersoda kalau bisa di tinggalkan.

7. Kurangi porsi makan 

Banyak yang berdalih bahwa makan itu harus kenyang biar badan jadi gemuk , hal tersebut memang masuk akal bahwa kebanyakan makan dalam jumlah banyak akan membuat tubuh jadi lebih gendut karena asupan kalori dalam tubuh sangat besar.

Namun diet juga bukan berarti kamu berhenti makan karena biar bagaimanapun makan merupakan hal pokok untuk bisa beraktifitas dengan normal. Sebaiknya anda mengurangi porsi makan agar hasil programnya maksimal.

8. Minum sebelum makan 

Luangkan jeda waktu sekitar 5 menit sebelum anda makan , dengan metode ini rasa lapar akan sedikit berkurang sehingga porsi makan anda labih sedikit . Bisa juga anda dengan mengonsumsi buah-buahan sebelum makan.

9. Makan sering tapi sedikit 

Tidak ada orang yanh bisa menahan lapar sampai berlarut-larut , makan tetaplah makan walaupun anda sering tapi pastikan pula jumlahnya dalam jumlah wajar. Tidak akan berhasil menurunkan berat badan jika makannya sering dan banyak yang jadi justru akan membuat gemuk.

10. Konsumsi buah dan sayur

Jika anda punya kebiasaan ngemil , maka bisa mengalihkannya dengan cara mengonsumsi buah dan sayur . Dalam buah dan sayur terdapat banyak vitamin dan mineral yang bisa membakar lemak dengan baik.

Terlebih jika anda mengonsumsi buah yang kaya akan serat seperti jeruk , semangka dan lainnya. Kandungan airnya bagus untuk mencegah dehidrasi dan seratnya membuat anda kenyang lebih lama.

11. Kurangi konsumsi gorengan 

Makan gorengan boleh-boleh saja asalkan tidak berlebihan , didalamnya terkandung minyak yang bisa menimbun lemak dan kolesterol dalam tubuh . Dal beberapa laporan mengungkapkan bahwa orang yang sering makan gorengan sangat tinggi terkena kanker karena minyak yang digunakan sampai berkali-kali sehingga bersifat karsinogenik atau penyebab kanker.

12. Makan pagi 

Banyak yang menyarankan sebaiknya kamu tidak makan pada malam hari bahkan ngemil sekalipun karena akan membuat tubuh anda gemuk .  Lantas waktu kapaj yang tepat ? Jawabannya adalah di pagi hari , sebelum kamu beraktifitas sebaiknya makan terlebih dahulu agar aktifitas di siang hari tidak lesu dan berat badan pun terkontrol.

Dalam sebuah studi menyatakan rata-rata yang dilakukan warga amerika dalam mendapatkan badan ideal tidak terlepas dari sarapan pagi.

13. Makanan berserat 

Makanan berserat membantu rasa lapar lebih lama.

14. Konsumsi air putih 

Dizaman modern seperti ini , berbagai minuman dapat kita jumpai namun menurut pribadi minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan karena banyak mengandung bahan kimia berbahaya.

Begitupun dalam penurunan berat badan , konsumsi selalu air putih disaat anda haus membantu dalam mendapatkan badan ideal .

15. Istirahat yang cukup 

Gunakan waktu istirahatmu sebaik mungkin agar tubuh selalu fit dan bisa beraktifitas dengan baik dan hindarilah makan atau ngemil sebelum tidur karena berefek buruk pada program diet anda.

Jadi kesimpulannya adalah , tidak ada cara instan dalam diet dan yang alami berawal dari langkah yang alami pula bukan mengandalkan cara instan tapi kedepannya tidak bisa bertahan.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan