12 tempat wisata pilihan di Lampung

Halo sahabat setia Blabla Indonesia pada artikel kali ini saya akan share tentang wisata di Lampung nih , moga bisa memberikan wawasan ya , jangan lupa bagikan ke teman anda yang lain.
Berikut ulasannya :
1. Pasir Putih
Kadang orang menyebutnya dengan Pulau Pasir berada di tepi jalan raya Teluk Betung kota Kalianda sekitar 5 km dari kota Teluk Betung.
Merupakan salah saty objek wisata dengan pasirnya yang putih , air laut jernih dan pantai landai .
Aktifitas yang dapat anda lakukan seperti makan bareng , bersantai dan olahraga disambangi dengan udara pantai yang sejuk . Untuk mencapai objek ini anda dapat menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi melalui rute Bandar Lampung – Pajang- Kalianda.
2. Pantai Merak Belantung
Berada di tepi kota Kalianda yang sangat ideal untuk berenang , selancar angin dan memancing yang dilengkapi dengan berbagai akomodasi seperti tempat istirahat dan restoran . Hal yang harus anda perhatikan ketika wisata ke sini adalah menjaga kebersihan dan tidak merusak sebagian ataupun seluruh objek wisata.
3. Pantai Wartawan
Merupakan tempat rekreasi yang berada di tepi jalan dengan putih yang membentang luas sekita satu kilometer yang sejajar dengan jalan.
Anda bisa jalan-jalan menyusuri tempat yang indah ini sambil menikmati udara alam yang segar .
Tidak jauh dari objek ini terdapat sumber air panas yang diperkirakan 79 – 80° C , namun belum ada data yang pasti tentang keamanan air mata ini.
4. Gunung Rajabasa
Pegunungan yang mempunyai jurang-jurang yang terjal dilengkapi dengan udara yang sejuk dan panorama alam yang indah diselingi oleh perkebunan cengkeh milik rakyat membentang luas berwarna hijau .
Pada musim bunga tampak indah memanjakan pandangan mata anda , namun yang paling indah di sini adalah kira bisa menyaksikan birunya laut yang merupakan serangkaian atraksi menyenangkan.
5. Museum Lampung
Di museum ini anda dapat melihat aneka pakaian tradisional , pakaian adat, tenunan tradisional , naskah kuno , sejarah , seni dan alat rumah tangga khas Lampung. Untuk mengunjungi objek wisata ini berada di Jl. Teuku Umar , Gedung Meneg , Bandar Lampung.
6. Gunung Krakatau
Gunung berapi yang hingga kini masih aktif khususnya di Indonesia berada di kabupaten lampung selatan . Secara geografis berada pada 69° Lintang Selatan dan 105° Bujur Timur.
Pulau gunung ini bagi penduduk sekitar disebut dengan ” Majeksi ” ini pernah meletus dan letusan yang paling dahsyat terjadi pada senja hari 27 Agustus 1883 mampu menggemparkan dunia dan memicu perubahan iklim global . Setidaknya puluhan ribu nyawa melayang akibat letusan ini .
Ledakannya menimbulkan gelombang pasang yang menyapu bersih pantai sepanjang Teluk Lampung dan Pantai Barat Banten . Suara ledakannya bisa terdengar hingga Singapura dan Australia dengan abu yang dihembuskan setinggu 80 Km mengelilingi bumi selama beberapa tahun.
Sebagian dari daratannya habis tinggal menyisakan pulau kecil , selanjutnya pada 1927 kepulauan asap terlihat dipermukaan laut antara ketiga pulau yang ada . Pada 1928 Gunung api baru lahir dari dalam laut yang sekarang adalah Gunung Anak Krakatau yang kini tingginya sekitar 200 meter saja namun para ilmuan percaya bahwa pengaruh Anak Krakatau akan lebih besar dari ibunya , semoga saja tidak terjadi lagi.
Proses alam yang berlangsung lebih dari 100 tahun ini tidak terganggu oleh manusia . Daratan Hitam menghangus , senyap ,kepulauan asap membuat daerah tak berpenduduk ini menjadi tempat yang mempesona .
Untuk mencapai objek wisata ini kita dapat melakukan tracking dari Canti Kalianda sekitar 2,5 jam saja.
7. Taman Pugung Raharjo
Berisi peninggalan zaman Megalitikum dan klasik tengah . Suatu benteng primitif berupa parit galian mengelilingi situs-situs dari punden , arca-arca , menhir dan pemukiman penduduk zaman dahulu kala.
8. Taman Nasional Way Kambas
Terletak di kecamatan Labuhan Meringgai , kecamatan Way Jeparo , kecamatan Sukadana dan kecamatan Purbalingga , Lampung Tengah.
Jenis fauna dari keluarga mamalia dapat anda temukan di sini seperti Gajah Sumatera ( Elephas maximus sumatranus ) , Anjing hutan ( Cuon Alpinus ) , Tapir ( Tapirus Indicus ) dan Badak Sumatera ( Dicerorhinus Sumatrensis ) yang terancam punah .
Ditempat ini anda dapat menyaksikan secara langsung satwa-satwa liar seperti gajah , rusa , ayam hutan dan aneka jenis burung . Dikarangsari yang hanya berjarak 10 Km dari pintu gerbang terdapat Pusat Latihan Gajah ( PLG ) yang dikelola oleh tenaga pawang ( mahout ) terlatih.
Kunjungan ke sini dapat anda lakukan secara mandiri ataupun rombongan yang dibuka setiap hari dari jam 08:00 hingga 16:00 disamping banyak akomodasi dan fasilitas yang bisa dinikmati.
9. Tampang dan Belimbing
Merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang meliputi area seluas 3600 km. Daerah ini merupakan kawasan tropis yang didominasi oleh vegetasi seperti Keruing , Meranti , Rotan dan Anggrek hutan.
Sedangkan fauna yang menghuni kawasan ini adakah Badak Sumatera , Harimau Sumatera , Gajah , Rusa , Beruang Madu, Tapir dan jenis burung.
Tampang dan Belimbing memang didekasikan buat anda yang menyenangi dunia petualangan yang ingin menyelidiki ataupun sekedar melihat pesona alam , pantai dan hutan yang luas .
10. Balai Budidaya Laut
Merupakan tempat untuk melaksanakan pembudidayaan dan pengembangan jenis ikan laut dan jenis lainnya yang mempunyai nilai lebih dalam ekonomi yang disukai oleh konsumen negara-negara Asia Tenggara bahkan Eropa.
Jenis ikan yang dibudidaya salah satunya adalah ikan Kerapu , Kakap , Tripang, Rumput laut , Baronang dan Tiram Mutiara . Pengunjung dapat menyaksikan aktifitas yang dilakukan oleh balai ini menambah pengalaman wisata yang sangat unik karena jarang ditemui di daerah lain . Eksotisme alam pun tidak bisa diragukan lagi hingga mata anda terlena .
Balai Budidaya Lampung ini terletak di Desa Hurun atau 12 Km dari pusat kota Bandar Lampung.
11. Way Kanan
Merupakan resort dari Suaka Alam Way Kambas 13,3 km dari pintu gerbang Suaka ( Palang Hijau ) melalui jalan Rintisan. Pengunjung dapat menyaksikan jenis aves yang terdiri lebih dari 286 spesies seperti Pecuk Ular , Rajawali Kelabu Besar , Fing Fisher, Kuntul , Bangau Tongtong , Dara laut dan yang lainnya.
12. Argo Wisata Bergen
Argo wisata ini merupakan daerah perkebunan yang terbentang luas dikiri kanan lintas jalur Bandar Lampung – Sri Bhawono . Disini anda akan mendapatkan pengalaman wisata baru seperti cara dan proses menyadap karet , memetik kelapa sawit , cokelat,kelapa hibrida, kopi , lada dan cengkeh .

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan