12 Cara Mengelola Stres untuk Wanita Karier

Tidak mudah bagi wanita karier untuk melepas tekanan antara pekerjaan dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Ada banyak masalah fisik dan mental yang dialami para ibu yang bekerja. Hasil penelitian Family Life menyatakan, 51 persen ibu bekerja lebih mudah sakit atau mengalami gangguan tidur. Tidak sedikit wanita yang akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dan melupakan mimpi-mimpi mereka karena berada di tengah dua pilihan sulit. Lalu, bagaimanakah cara mengelola stres untuk wanita karier?

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan para wanita karier untuk menghindari stres akibat beban kerja yang cukup berat. Terdapat 12 cara mengelola stres untuk wanita karier.

Tetap luangkan waktu untuk diri sendiri. Sesibuk apa pun, kaum wanita berhak memanjakan diri dengan perawatan yang membuat lebih nyaman, rileks, dan menunjang kepercayaan diri. Lakukan meditasi atau yoga bila sempat, selain menenangkan juga menyegarkan badan.

Lakukan perawatan tubuh. Lakukanlah secara berkala. Meski tidak di salon atau pusat kecantikan, bisa melakukan spa di rumah, luluran, mandi garam atau aromaterapi.

Ciptakan ketenangan dengan mendengarkan musik. Musik juga bisa menciptakan suasana hati yang lebih baik.

Tarik napas, untuk melepas ketegangan dari tubuh.

Bersosialisasi. Wanita bekerja juga jangan sampai melupakan sifat wanita yang suka bersosialisasi. Jalan bersama teman, ngobrol di telepon, arisan atau berbelanja bersama akan membawa perubahan cara pandang dan kesegaran pikiran. Biasanya saat bersama teman sebaya, bisa bertukar pikiran tentang urusan dan masalah rumah tangga serta berbagai cara mengatasinya.

Belajar untuk menolak. Bukan mengajarkan tentang sesuatu yang negatif. Tapi pembawaan seorang ibu biasanya membuat dia jadi tidak tega menolak permintaan. Agar lebih punya waktu, seorang ibu bekerja harus bisa menolak secara halus.

Berpikir praktis. Jika memang tengah bekerja, upayakan agar tidak membawa-bawa urusan rumah. Begitu juga sebaliknya. Lebih baik fokus. Lagi pula di zaman modern seperti sekarang, ada banyak cara untuk memantau urasan anak-anak dll, misalnya dengan menghubungi anak lewat handphone.

Tetap menciptakan suasana humor di sekitar Anda, entah bercanda dengan si kecil, suami atau pun dengan menonton film komedi. Banyak yang menyebut humor dan tawa obat paling mujarab untuk mengusir perasaan gundah.

Olah raga. Gerak tubuh tidak hanya sangat efektif membuang keringat, tapi juga membuat pikiran dan badan segar. Dengan terbuangnya keringat, beban yang ada juga seperti terlepas dari badan. Lakukan latihan secara rutin minimal seminggu sekali.

Konsumsi makanan sehat. Jangan lupa, makan makanan sehat sangat membantu mengurangi masalah kesehatan, terutama fisik.

Tetapi menjalani hobi. Jangan biarkan pekerjaan membuat Anda melupakan hobi. Membaca juga pelarianyang baik untuk menghindarkan stres! Pilihlah buku yang ringan dan membangkitkan motivasi dan self esteem.

Berlibur. Ambil waktu cuti dan berlibur untuk mengurangi beban pikiran.

Demikianlah 12 cara mengelola stres untuk wanita karier. Semoga bermanfaat.