11 Tempat wisata di Bandung terkenal dan wajib anda kunjungi

Bandung merupakan salah satu tujuan wisata terbesar dan terpopuler di Jawa Barat karena semua karakteristik seni budaya Sunda terpampang di kota yang di juluki sebagai Paris Van Java ini.
Kora Bandung memang sudah terkenal layaknya Jakarta baik paparan sunda maupun luar negeri dimana seluruh peristiwa sejarah peradaban Indonesia banyak di motori di kota ini . Yang akhirnya hingga kini aspek seni budaya , pendidikan, politik dan ekonomi berpusat di kota Bandung ini.
Disamping sebagai kota budaya , alasan lain kenapa Bandung bisa terkenal karena akses transportasi sangat mudah dan berada di tempat strategis diantara kota-kota besar yaitu Bogor , Cianjur , Sukabumi dan Garut hal ini menjadikan lalu lintas perdagangan akan tumpah ruah disini .
Perjalanan dari Jakarta pun terbilang dekat untuk mengunjungi kota Bandung sekitar 3 jam perjalanan saja melalui tol Cipularang ataupun menggunakan pesawat terbang sekitar 10 menit dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Husein Sastranegara.
Dijuluki sebagai kota pendidikan sangat wajar karena universitas terkenal di Indonesia sendiri banyaknya di kota Bandung seperti ITB , UNPAD , UNISBA,UPI,UNIKOM dan perguruan tinggi lainnya yang banyak menyebar tokoh terkenal di Indonesia seperti Soekarno , Bj.Habibi , Megawati dan tokoh berpengaruh lainnya . Makannya tak jarang banyak mahasiswa dan mahasiswi menempuh pendidikannya di kota kembang ini .
Berikut tempat wisata di Bandung yang wajib anda kunjungi .

1. Masjid Agung Bandung 

masjid agung bandungvia pkspiyungan.org

Setiap kali saya pulang pergi ke Cianjur dari kota ini pasti melewati masjid ini . Walaupun banyak masjid termegah di Indonesia , Bandung juga punya kebanggaan sendiri .
Yang paling berkesan di Masjid Agung ini desain bangunan dan halaman masjidnya tertata rapi dan mempesona sehingga selain sebagai sarana ibadah umat muslim , banyak juga wisatawan yang melakukan foto-foto abadinya di halaman masjid ini . Terutama pada hari jumat , hampir seluruh masyarakat sekitar , pekerja dan tokoh – tokoh terkenal melakukan ibadahnya di sini karena letaknya berada di pusat kota Bandung.
Bangunan masjid ini sekitar 8.575 meter persegi dan mampu menampung jemaah sekitar 13.000 orang , keseluruhan bangunannya sekitar 23.448 meter persegi.
Pada bagian bawah tamannya digunakan sebagai tempat parkir untuk jemaah yang datang.
Masjid ini juga diapit dengan dua menara yang menjulang tinggi dan pengunjung bisa menaiki kedua menara ini menggunakan lift . Karena banyaknya wisatawan yang ingin mencobanya maka anda harus rela menunggu dengan wisatawan lainnya.
Diatas menara anda dapat melihat keindahan dan pesona kota Bandung yang sesungguhnya , hamparan gedung , rumah dan taman masyarakat dapat terlihat dengan jelas disambangi udara yang sejuk.
Alamat : Jalan Dalem Kaum No.14 alun-alun kecamatan Regol.

2. Trans Studio Bandung 

trans studio bandung indahvia mawaholiday.com

Pencarian tempat wisata di Bandung yang jadi sorotan netizen adalah Trans Studio , tempat ini merupakan tempat liburan keluarga dan segala usia .
Setidaknya ada 21 Wahana Trans Studi Bandung yang bisa dinikmati , memang untuk masuk taman wisata ini kita harus mengeluarkan uang yang lumayan besar tapi seimbang dengan fasilitas dan akomodasi yang bisa dinikmati .
Taman wisata ini juga merupakan paket wisata kedua setelah Trans Studio Makassar yang tidak kalah terkenalnya.
Alamat : Jalan Gatot Subroto No.289 Bandung.

3. Bandung Electronic Center ( BEC ) 

wisata bec bandungvia jacktour.com

Bagi anda yang memilih wisata belanja kebutuhan Elektronik , Bandung Electronic Center jawabannya karena segala kebutuhan elektronik baru beserta onderdil dan aksesorisnya di sediakan di sini .
Anda akan merasakan sensasi belanja modern yang menyenangkan , pelayan tokonya yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng menjadi daya tarik tersendiri .
Hendak membeli barang elektronik tapi hanya bawa atm saja ? anda bisa melakukan transaksi via atm di sini dari setiap sudut gedung dan kios.
Lantai yang paling dasar digunakan sebagai lahan parkir modern sedangkan kunjungan ke setiap lantainya dilengkapi dengan lift dan eskalator.
Alamat : Jalan Purnawarman No.13-15 , Bandung.

4. Bandung Indah Plaza ( BIP ) 

bandung indah plaza mall

via bandungraya.blogspot.com

Merupakan pusat perbelanjaan terlengkap ,tertua dan terbesar di Bandung , lokasinya tidak jauh dari BEC . Bangunan ini merupakan konsep mall modern didalamnya dapat anda nikmati belanja aneka fashion , makanan , kosmetik dan segala jenis kebutuhan anda .
Disamping BIP terdapat toko buku gramedia yang setiap harinya sesak dengan pengunjung khususnya kalangan mahasiswa dan guru .

5. Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo bandungvia culture-traveler.blogspot.com

Nama seniman Udjo memang sudah terkenal hingga luar negeri yang merupakan seniman kelahiran sunda . Sesuai namanya , saung angklung ini terdapat aneka kesenian khas Sunda yang sangat menarik . Pengunjung dapat melihat pagelaran sunda yang dimulai pada 15.30 – 17.30 serta menari , menyanyi dan diberikan kebebasan untuk memainkan beragam alat musik sunda.
Bicara masalah perut di sini juga disedikan saung dan dapur udjo dimana aneka masakan khas sunda dapat anda nikmati dengan harga yang relatif murah , ataupun anda ingin mempunyai alat kesenian sunda anda bisa membelinya disini.
Alamat : Jalan Padasuka No.118

6. Baltos

baltos bandung

via bisnis.com

Balubur Town Square ( Baltos ) adalah tempat wisata belanja selain BIP dan BEC . Letak gedungnya berada di jantung kota dan tidak jauh dari komplek ITB dan UNPAD tepatnya berhadapan langsung dengan gedung BAAK ITB .
Banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya disini untuk berbelanja ataupun sekedar nongkrong saja . Saya sendiri pernah mengalami tinggal di komplek ITB saat main ke teman hanya 1 malam saja . Kawasannya yang ramai namun udaranya sangat segar . Tidak jauh dari sana , ada sebuah tempat tongkrongan warga Bandung khususnya mahasiswa yaitu Taman Sari . Kawasan tamannya dipenuhi dengan pepohonan yang rindang dan tenang sehingga dijadikan tempat tongkrongan favorit terutama pada hari libur .

7. Kampung Daun 

pesona kampung daun di malam hari

via tempatwisatadibandung.info

Merupakan tempat wisata kuliner yang terkenal berada di kawasan lembang . Kampung daun ini dibangun pada tahun 1999 dengan cara menyulap danau mungil yang dikelilingi oleh hutan dan bukit , seiring pesatnya wisatawan  kemudian kampung daun ini dijadikan sebagai resto yang memadukan konsep alam dan budaya yang menarik .
Alamat : Jalan Sersan Bajuri , Km. 4,7 Lembang.

8. Kampung Gajah

kampung gajah seru di bandung

via wisatakan.com

Di sini anda dapat menikmati waterboom , waterpark dan beragam aneka wahana lainnya. Disamping wahana tersebut , yang menarik adalah wahana Wavepool ( pantai buatan yang menyerupai aslinya ) dimana anda bisa berenang bersama keluarga.
Untuk biaya masuk ke Kampung Gajah hanya Rp 10.000 saja untuk hari normal sedangkan Rp.20.000 saat hari libur .
Alamat : Jalan Sersan Bajuri Km 3.8 , Lembang.

9. Kawah Putih 

pesona kawah putih bandung

via wikipedia.org

Kawasannya dalam bentuk alam natural  yang merupakan danau dengan airnya berwarna hijau keputihan yang dikelilingi oleh pasir putih .
Saat kita melihat kawasan dari kejauhan akan terlihat seperti hembusan hujan salju . Banyak sekali wisatawan yang mengunjungi tempat ini terutama pada hari libur.

10. Tangkuban Perahu 

foto gunung tangkuban perahu bandungvia tempatwisataid.com

Nama gunung Tangkuban perahu tidak jauh dari legenda masyarakat tentang kisah sangkuriang dan ibunya . Namun di balik itu semua menyimpan berjuta-juta keindahan alam yang mempesona.
Wisatawan akan dimanjakan dengan hamparan alam yang hijau dan udaranya yang segar layaknya wisata puncak .Keberadaan Tangkuban Perahu diantara Kota Bandung dan Subang.

11. Floating Market Lembang

floating market bandung lembangvia pinterest.com

Jika anda sering berwisata ke Kalimantan Selatanpasti sudah tidak asing dengan pasar terapung .
Nah Floating Market ini juga mempunyai konsep seperti itu anda bisa menikmati semilir udara yang sejuk dan menikmati masakan yang disantap di atas air , pokoknya menjadi suasana wisata di Bandung yang menarik.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

One thought on “11 Tempat wisata di Bandung terkenal dan wajib anda kunjungi

Tinggalkan Balasan