10 Tips terampil berbicara di depan umum

Jika anda adalah seorang Public Figure atau jenis lainnya maka kemampuan berbicara di depan umum sangat di perlukan . Sebagai contoh anda adalah seorang manajer maka kelancara berbicara anda harus lebih bagus dibandingkan karyawan/bawahan anda .

Memberikan sebuah presentasi yang mudah dipahami , lebih menarik,informatif dan asyik memudahkan pendengar dalam menyerapa informasi atau materi yang anda sampaikan , begitupun bagi seorang guru,marketing,dosen dan untuk presentasi kuliah. Namun dibalik semua itu , ternyata tidak semua orang bisa menguasai keterampilan dalam berbicara , gugup dan kurang percaya diri menjadi penyebab utamanya.

Nah dalam menghadapi hal tersebut izinkan saya untuk memberikan sebuah strategi bagaimana anda bisa berbicara lancar di depan publik / umum.

10 Tips terampil berbicara di depan umum

  • Intonasi

Intonasi merupakan alur tinggi rendahnya nada yang anda bicarakan , katakanlah anda seorang pembawa acara atau komunikator maka keterampilan ini wajib anda miliki sehingga pendengar tidak merasa bosan dan jenuh mendengarkan pembicaraan anda .Begitupun dalam sebuah kompetisi baik audisi penyanyi atau perlombaan maka intonasi menjadi tolak ukur penilaian bagi juri. Jidi jika anda ingin bisa lancar dalam berbicara di depan umum cobalah untuk membiasakan diri melatih baik sendiri ataupun dengan teman anda di rumah.

  • Artikulasi

Selain Intonasi , artikulasi/pelafalan kata yang jelas saat kamu berbicara menentukan pendengar untuk bisa menikmati yang anda sampaikan . Strategi untuk mengatasinya adalah dengan cara berbicara tidak terburu-buru dan membuka mulut supaya perkataan anda terdengar lebih jelas tidak seperti suara Gumaman.

  • Aksentuasi

Penekanan pada kata-kata penting juga sangat diperlukan ketika anda berbicara , tujuannya adalah tidak lain supaya pendengar mengetahui kata-kata tertentu . logikanya seperti memberikan penebalan, garis miring dan garis bawah kata penting dalam sebuah jurnal ataupun makalah presentasi.

  • Perhatikan untuk menjaga Pace

Pace merupakan kecapatan anda berbica yang disesuaikan dengan ketukan . Buatlah pembicaraan menjadi nyaman di telinga pendengar dengan menggunakan strategi ketepatan dan kecepatan bicara yang disesuaikan dengan intonasi ,ketukan yang pas dan teratur.

  • Teknik Diafragma

Suara yang dihasilkan lebih bulat dan tebal dengan teknik ini sehingga pendengar lebih nyaman dan meyakinkan rayuan atau perkataan anda.

  • Mimik

Mimik atau bahasa tubuh menjadi hal yang sangat pokok dalam kelancaran anda berbicara di depan umum , mimik ini disesuaikan dengan intonasi , isi materi,ketiukan,suasan dan artikulasi.

  • Gunakan bahasa baku dan mudah dipahami

Penggunaan bahasa yang terdengar familiar memudahkan pendengar memahami materi yang anda sampaikan , penggunaan bahasa yang asing hanya diperbolehkan pada audien yang sekiranya tahu / selevel dengan anda .

  • Penampilan

Sama halnya dengan tips di atas , penampilan juga jangan anda sepelekan , terlihat lebih rapi,bersih,sopan dan indah jadi kunci keberhasilan anda menguasai audien supaya mereka betah.

  • Menguasai materi

Hal yang terpenting dalam kelancara berbicara di depan umum adalah penguasaan materi yang anda miliki. Selain materi pokok , jangan lupa pula anda sisipkan materi tambahan yang lebih informatif sehingga materi terlihat berbobot.

  • Penguasaan panggung

Penguasaan panggung , tempat dan situasi dapat anda lakukan dengan penampilan yang lebih kreatif , berimajinasi,semangat dan ceria sehingga anda tidak terlihat lesu,jenuh dan malas.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan