10 tempat wisata candi di Yogyakarta

10 tempat wisata candi di Yogyakarta

Halo sahabat  Blabla Indonesia untuk artikel kali ini kita akan bahas tentang wisata kota Gudeg yang mengandung nilai sejarah tinggi.

Berikut tempat wisata Candi di Yogyakarta yang bisa anda coba.

1. Candi Kalasan

 

Merupakan candi Budha yang prasastinya berhuruf pranagiri dan sansekerta dan diperkirakan dibangun pada 778 M terkenal sebagai candi yang indah hiasannya,relief dan pahatan batunya yang halus.

Untuk mengunjunginya berada di dusun Kalibening ,tirtomartani , Kalasan , Sleman ataupun sekitar 3 km ke arah barat candi prambanan.

2. Candi Sari

Wisata candi sariTerletak berdekatan dengan candi Kalasan , candi sari ini merupakan vihara budha yang dibangun bertingkat pada abad VIII dan dahulu digunakan sebagai tempat untuk memberikan pelajaran kepada para biksu.

3. Candi Sambisari

Terletak 12 km dari kota Yogyakarta tepatnya di desa Sambisari . Candi ini sangat unik karena posisinya berada 6,5 meter di bawah permukaan tanah dan dibangun sekitar abad 10 , candi ini ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawahnya pada 1966.

4. Candi Banyunibo

Disebut Candi Banyunibo karena candi ini menyerupai tetesan embun , lokasinya tidak jauh dari Candi Ratu Boko yang dibangun sekitar abad 9 M . Candi ini dapat dicapai dari simpang tiga jalaj raya Yogyakarta – Solo menuju Piyungan.

5. Candi Ijo

Terletak 7 km ke arah tenggara candi Prambanan yang didukung oleh suasana dan panoraman alam yang indah  khas pedesaan.

6. Candi Barong

Terdapat hiasan kala di relung tubuh candi yang tampak seperti Barong , berada pada ketinggian 27 meter dari permukaan laut dan berdekatan dengan situs Ratu Boko.

Alamat : Dusun Candisari , Bokoharjo , Prambanan.

7. Candi Gebang

Merupakan peninggalan sejarah dan purbakala yang terletak di Desa Gebang Ngemplak sekitar 11 km daru pusat kota Yogyakarta.

8. Candi Sewu

Dari Candi Prambanan ke arah timur laut dengan menyusuri jalan desa sepanjang 1 km. Candi sewu merupakan pusat dari kesatuan kelompok percandian dengan Candi Asuh di sebelah timur Candi Bubrah di Selatan  , Candi kulon di barat dan Candi Lor di utara.

9. Candi Prambanan

candi prambanan jogja

Pada setiap bangunanya dikelilingi oleh relief lukisan Ramayana , candi ini merupakan peninggalan agama hindu yang terletak 15 km dari timur kota Yogyakarta .

Berbagai fasilitas yang ada di sana adalah Museum Arkeologi , audio visual dan taman bermain.

10. Candi Ratu Boko

Foto candi ratu boko

Berada diatas bukit yang terletak 3 km arah selatan candi Prambanan , komplek bangunan yang menyerupai candi ini terdiri dari Gapura , candi pembakaran , paseban,pendopo dan keputren.

Dari lokasi situs ini juga anda dapat menyaksikan keindahan kota yogyakarta dan candi prambanan yang mempesona apalagi sambil menikmati kudapan khas jogja yaitu gudeg.

Itulah beberapa tempat wisata candi di Yogyakarta yang bisa anda coba bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan , semoga menambah wawasan dan bermanfaat.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan