10 Tempat dan Objek wisata di Malang

Halo sahabat Blabla Indonesia , artikel kali ini saya akan share tentang tempat dan objek wisata di kota Malang.

Bagi warga Jawa Timur pastinya sudah tidak asing dengan kota Malang yang dijuluki sebagai kota Apel karena sejarahnya tidak lepas dari kehidupan masyarakat. Kearipan lokal yang kuat membuat kota Malang kaya akan potensi wisata seni , sejarah , budaya ataupun pendidikan.

Berikut tempat dan objek wisata di kota Malang yang bisa anda coba saat waktu liburan tiba :

1. Wisata alam Coban Rondo

Tempat wisata ini tidak lepas dari legenda masyarakat bahwa sebenarnya asal usul nama Coban Rondo ini bermula saat putri Dewi Anjarwati yang baru menikah dengan Raden Baron .

Tidak lama dari itu , mereka ingin berjalan-jalan ke daerah pegunungan namun sang ayah tidak mengijinkan mereka berdua akan tetapi pasangan tersebut keukeuh ingin pergi ke pegunungan tersebut . Orang tuanya mengingatkan kalau mereka jadi pergi maka di tengah jalan akan menemukan mala petakan yang akan mengintai , namun tetap mereka tidak peduli dengan ucapan ayahnya .

Sampai di tengah jalan , ada seseorang yang terpikat pada paras cantik Dewi Anjarwati bernama Joko Lelono , karena Raden Baron ( suami Dewi Anjarwati ) tidak menerima kemudian Dewi Anjarwati di sembunyikan ke sebuah Coban ( air terjun ) dan mencoba menyingkirkan Joko Lelono.

Kemudian mereka berperang sekuat tenaga namun takdir berkata lain , keduanya meninggal karena sama-sama terluka parah . Sedangkan Dewi Anjarwati berdiam di sana hingga di jemput oleh anak buah Raden Baron dan kemudian Dewi Anjarwati berubah status menjadi janda .

Nah dari legenda tersebut , masyarakat menyebutnya sebagai Coban Rondo atau Air terjun Janda .

Menurut mitos masyarakat setempat , siapa saja yang punya hubungan status pacara jika wisata ke sini maka akan putus , tapi itu hanya mitos semata .

Walaupun tempat ini mengandung banyak mitos dan legenda , keasrian dan keindahan alamnya tidak bisa dipungkiri menjadi tempat wisata favorit di kota Malang.

Coban Rondo ini berada di Desa Pandan Sari , kecamatan Pujon atau 12 km dari pusat kota Malang.

2. Sensasi alam di Omah Kayu

Sekarang memang zamannya modern , arsitektur bangunan pun sudah terbuat dari beton secara keseluruhan . Pernah terbayang tidak kalau anda ingin menikmati rumah ala zaman dahulu yang terbuat dari bahan kayu ? Jika iya maka anda tidak ada salahnya mencoba menikmati wisata di Omah Kayu.

Omah Kayu ini merupakan objek wisata yang menarik , arsitektur bangunannya mirip dengan rumah kayu , saat anda wisata di Malang maka wajib banget mencoba Omah Kayu. Selain desainnya yang unik , indahnya pesawahan dan udara khas Malang menjadikan anda betah berlama-lama di sini.

Untuk menikmati Omah Kayu ini kita hanya membayar sekitar 200-300 ribu saja per malamnya adapun jika anda hanya ingin santai-santai (tidak menginap ) maka hanya membayar 5000 saja berlaku semua kalangan dan usia.

Omah Kayu ini berada di pusat kota Batu  , buat warga Malang pasti sudah tahu kan ?.

3. Picu Adrenalin di Paralayang

Jika ingin mencoba wisata yang lebih ekstrem anda bisa mencoba wisata Paralayang . Anda bisa melihat daerah sekitar dari ketinggian secara langsung , sama halnya dengan salah satu Wahana di Trans Studio Bandung yaitu .

Untuk menuju ke wisata paralayang ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum ataupun pribadi yang berada di pusat kota Batu .

Namun tidak saya sarankan jika anda mempunyai penyakit jantung ataupun phobia terhadap ketinggian .

4. Pesona taman di Alun-alun kota Batu

Kayaknya setiap kota pasti memiliki alun-alun yang indah , tidak ingin ketinggalan dari kota-kota lain , Kota Batu juga berbenah diri untuk menghias kawasannya dengan alun-alun yang mempesona.

Hal yang paling menarik di alun-alun ini tersedianya feris wheel , playground anak-anak dan patung apel sebagai ikon kota Malang .

Pada siang sampai sore hari selalu penuh dengan jajaran anak muda dan keluarga yang menghabiskan waktu luangnya di sini .

5. Belajar dari Museum Kesehatan Jiwa

Buat anda calon dokter kejiwaan ataupun umum maka tidak ada salah mencoba saat wisata ke Malang yaitu Museum Kesehatan Jiwa . Disini anda dapat melihat secara langsung alat-alat kedokteran kuno yang berhubungan langsung dengan ilmu kejiwaan .

Topografi museum ini tidak terlalu besar sehingga hanya menampung sekitar 700 koleksi alat-alat kesehatan tapi sangat berguna sebagai ladang pengetahuan dan sensasi wisata yang berbeda .

6. Jejak sejarah di Museum Brawijaya

Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya mengetahui dan menghormati sejarah , mungkin itu salah satu ungkapan yang patut kite renungkan.

Sejarah kemerdekaan negara Indonesia tidak lepas dari tumpah darah para pahlawan dalam melawan penjajah maka museum Brawijaya ini menjadi salah satu saksinya .

Di museum ini anda dapat melihat koleksi mobil dinas , senjata perang , topi baja dan yang paling menarik adalah Tank yang digunakan pejuang melawan penjajah pada 10 November 1945.

Adapun yang lebih menarik adalah keberadaan gerbong maut yang zaman dahulu digunakan untuk mengangkut 100 pejuang ke Surabaya namun hanya tersisa 12 orang saja yang masih hidup karena mereka kehabisan energi saat di perjalanan. Ke 12 orang tersebut dipenjara di Kali Sosok di Surabaya.

Untuk mencapai museum ini anda dapat mengunjunginya di Jalan Ijen   Malang.

7. Menengok binatang di Screet Zoo

Kalau di Jawa Barat kebun Binatang yang terkenal adalah Taman Safari Indonesia di kota Bogor . Di Screet Zoo juga anda akan merasakan sensasi yang hampir mirip dengan kebun binatang lainnya . Di sini kita bisa menyaksikan aneka binatang dan satwa yang berasal dari Afrika,  Amerika dan Asia.

Walaupun usianya masih seumur jagung yang dibangun pada 2010 diatas lahan sekitar 14 Ha akan tetapi Screet Zoo juga menjadi daya tarik wisata tersendiri di Malang .

Untuk mencoba menikmati kebun binatang ini anda hanya membayar 70.000 per orang ( senin – kamis ) dan 100.000 ( weekend ). Walaupun harganya sekian tapi syarat dengan fasilitas dan akomodasi yang tersedia.

8. Makan yuk di Museum Resto

Karena ini adalah tempat museum maka tidak salah jika anda melihat di dalamnya seperti jam weker , radio jadul , uang kuno dan peninggalan sejarah lainnya .

Sesuai namanya , Museum Resto mengusung tema masakan khas Jawa seperti rawon buntut , nasi jagung dan pecel terong. Saat wisata ke Malang maka anda wajib untuk mencoba ke museum Resto ini sambil mengisi perut masakan jawa.

9. Kendaraan kuno di Museum Angkut

Sesuai namanya , museum menyimpang barang-barang antik seperti mobil produksi Amerika dan Eropa. Yang paling berkesan di museum angkut ini anda bisa melihat langsung kendaraan mobil yang digunakan oleh presiden Soekarno . Untuk masuk ke sini hanya membayar sekitar 50.000 – 70.000 saja .

10. Balekambang , tanah Lot dari Malang

Nama tanah Lot pasti sudah tidak asing di dengar bukan ? Yups tanah lot memang salah satu objek wisata di Bali yang mempesona . Buat anda warga Malang , jangan berkecil hati tidak bisa ke tanah lot di Bali karena di Malang Pun ada bernama Balekambang.

Pantai Balekambang berada di kecamatan Bantur atau 65 km di selatan kota Malang . Kawasan pantainya terdapat karang laut sepanjang 2 km dan lebar 200 meter ke arah laut.

Setidaknya ada tiga buah pulau indah di sini yaitu Ismoyo , Anoman dan Wisanggeni . Dipulau Ismoyo terdapat sebuah pura Luhur Amertha Jati dan jembatan penghubung ke pantai utama Balekambang . Nah dengan adanya pura ini menjadi alasan tanah Lot Bali versi Malang.

Admin

Sukanya jalan-jalan dan penggemar bakso..

Tinggalkan Balasan